EVALUASI KINERJA DAN KAPASITAS TERMINAL KAJEN KABUPATEN PEKALONGAN

SUBAGYO , RIYAS (2010) EVALUASI KINERJA DAN KAPASITAS TERMINAL KAJEN KABUPATEN PEKALONGAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
D100000190.pdf

Download (25kB)
[img] PDF
D100000190.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (858kB)

Abstract

EVALUASI KINERJA DAN KAPASITAS TERMINAL KAJEN KABUPATEN PEKALONGAN Peranan transportasi memiliki posisi penting dan strategis dalam pencapaian Pembangunan Nasional, karena dengan transportasi yang lancar, hasil-hasil pembangunan akan mudah disebarluaskan guna pemerataan pembangunan. dan perencanaannya perlu ditata dalam satu kesatuan yang terpadu. Untuk terlaksananya keterpaduan intra dan antar moda secara lancar dan tertib, maka di tempat-tempat tertentu perlu dibangun dan diselenggarakan terminal. Terminal Kajen Kabupaten Pekalongan merupakan terminal tipe B karena terminal ini melayani kendaraan umum penumpang untuk antar kota dalam propinsi ( AKDP), angkutan pedesaan ( ADES ), angkutan perkotaan (AK) yang berpotensi untuk berkembang di masa sekarang maupun di masa akan datang dilihat dari kondisi lalulintas dan kapasitas parkir yang cukup padat. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kinerja dan kapasitas Terminal Kajen dan bagaimana pemecahan masalah yang ada. Penelitian dilakukan selama tiga hari yaitu Sabtu 14 Februari 2009, Senin 16 Februari 2009, Rabu 18 Februari 2009 antara pukul 07.00–16.00 WIB. Penelitian dilakukan pada AKDP, ADES, AK yang masuk dan keluar terminal, serta penggunaan fasilitas parkir di Terminal Kajen. Data yang digunakan berupa data primer yaitu waktu dan jumlah kendaraan yang masuk/keluar terminal dan data sekunder yaitu layout terminal, karakteristik terminal, fasilitas yang ada di terminal. Metode analisa menggunakan standar dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa areal parkir di Terminal Kajen masih mampu menampung kendaraan yang parkir. Akumulasi parkir maksimum untuk AKDP dan ADES terjadi pada hari Rabu sebesar 9 kendaraan dan. Volume parkir harian tertinggi untuk AKDP terjadi pada hari Sabtu sebesar 83 sedangkan ADES pada hari Senin sebesar 179 kendaraan. Tingkat turnover tertinggi untuk bus AKDP terjadi pada hari Sabtu sebesar 1,66 bus/hari/ruang, untuk bus ADES tingkat turnover terjadi pada hari Rabu sebesar 11,93 bus/hari/ruang. Indeks parkir maksimum tertinggi untuk bus AKDP terjadi pada hari Rabu sebesar 18 % dan indeks parkir maksimum tertinggi untuk bus ADES terjadi pada hari Rabu sebesar 46,67 %. Durasi parkir rata-rata untuk bus AKDP sebesar 11,70 menit dan bus ADES sebesar 8,30 menit. Kondisi fasilitas di Terminal Kajen sudah cukup baik, hanya saja masih ada fasilitas yang belum memenuhi standarisasi untuk terminal tipe B. Pemecahan masalah di Terminal Kajen dengan cara mengoptimalkan pemanfaatan fasilitas-fasilitas yang terdapat di terminal dan menambah fasilitas untuk memenuhi standarisasi terminal Tipe B seperti areal parkir cadangan, ruang istirahat, kantor administrasi dan lain-lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: terminal, kinerja, kapasitas
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 29 Jun 2010 08:10
Last Modified: 14 Nov 2010 23:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7885

Actions (login required)

View Item View Item