PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN TAKE AND GIVE (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP NEGERI 2 MANTINGAN)

WAQIDATUN, NURUL (2009) PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN TAKE AND GIVE (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP NEGERI 2 MANTINGAN). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410050223.pdf

Download (27kB)
[img] PDF
A410050223.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan pendekatan pembelajaran matematika SMP kelas VII melalui pendekatan Take And Give (2) Untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Take And Give. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pokok yang meliputi observasi dan catatan lapangan serta metode bantu yang meliputi wawancara dan dokumetasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) Penerapan pembelajaran matematika dengan pendekatan Take And Give pada kelas VII SMP sudah cukup bagus. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi dalam pembelajaran 2) Peningkatan keaktifan belajar siswa menggunakan pendekatan pembelajaran Take And Give adalah: (a) keaktifan membaca materi yang diberikan sebelum tindakan 32,5% sesudah tindakan naik menjadi 87,5%, (b) keaktifan menjawab pertanyaan sebelum tindakan 12,5% sesudah tindakan naik menjadi 57,5%, (c) keaktifan maju ke depan sebelum tindakan 22,5% sesudah tindakan naik menjadi 65% (d) keaktifan dalam mengerjakan soal sebelum tindakan 50% sesudah tindakan naik menjadi 92,5% (e) keaktifan mengajukan pertanyaan, ide atau tanggapan sebelum tindakan 0% sesudah tindakan naik menjadi 20%. Dengan demikian ada peningkatan keaktifan siswa melalui pendekatan Take And Give.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendekatan, Take And Give, keaktifan siswa, pembelajaran, matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 07 Apr 2010 03:06
Last Modified: 02 May 2011 09:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6688

Actions (login required)

View Item View Item