PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI MEDIA PEMBELAJARAN GURU DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS XI UPW SMK N 6 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010

ISLAMI, NADU AZIZAH (2009) PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI MEDIA PEMBELAJARAN GURU DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS XI UPW SMK N 6 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A220050011.PDF

Download (40kB)
[img] PDF
A220050011.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (730kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui “Adakah pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari persepsi siswa mengenai media pembelajaran guru dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran terhadap prestasi belajar PKn pada siswa kelas XI UPW SMK N 6 Surakarta tahun pelajaran 2009/2010?”. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Penelitian ini mengambil lokasi di SMK N 6 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI UPW SMK N 6 Surakarta tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 97 siswa. Sampel diambil sebanyak 38 siswa dengan teknik propotional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier ganda, uji F, dan dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah: “ada pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari persepsi siswa mengenai media pembelajaran guru dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran terhadap prestasi belajar PKn pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan siswa kelas XI UPW SMKN 6 Surakarta tahun pelajaran 2009/2010” dengan Freg > Ftabel yaitu, 17,761 > 3,267. Sumbangan efektif (SE) persepsi siswa mengenai media pembelajaran guru terhadap prestasi belajar PKn adalah sebesar 17,22%, sedangkan sumbangan efektif keaktifan siswa dalam proses pembelajaran terhadap prestasi belajar PKn sebesar 33,15% dan total sumbangan efektif (SE) keduanya sebesar 50,37% dan masih terdapat 49,63% variabel-variabel lain yang mempengaruhi prestasi belajar PKn. Dengan demikian nampak bahwa variabel keaktifan siswa dalam proses pembelajaran memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar PKn dibandingkan variabel persepsi siswa mengenai media pembelajaran guru.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: persepsi siswa mengenai media pembelajaran guru, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dan prestasi belajar PKn
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 12 Jan 2010 08:58
Last Modified: 24 Oct 2011 05:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5616

Actions (login required)

View Item View Item