EFEKTIFITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN CREATIVE APPROACH BERBASIS PICTORIAL RIDDLE APPROACH UNTUK PENINGKATAN PEMAHAMAN SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA SISWA KELAS VIII SEMESTER II DI MTs MUHAMMADIYAH 3 MASARAN SRAGEN TAHUN AJARAN 2008/2009

INDARYATI, WIWIN (2009) EFEKTIFITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN CREATIVE APPROACH BERBASIS PICTORIAL RIDDLE APPROACH UNTUK PENINGKATAN PEMAHAMAN SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA SISWA KELAS VIII SEMESTER II DI MTs MUHAMMADIYAH 3 MASARAN SRAGEN TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A420050119.PDF

Download (124kB)
[img] PDF
A420050119.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (854kB)

Abstract

Hasil observasi di kelas VIII MTs Muhammadiyah 3 Masaran diperoleh beberapa kelemahan antara lain: siswa pasif dan tidak memperhatikan penjelasan guru saat proses pembelajaran, hal itu menyebabkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini tujuan untuk: mengetahui efektifitas pembejaran Creative Approach berbasis Pictorial Riddle Approach dengan metode Problem Solving dalam meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 3 Masaran. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah dengan cara mengumpulkan data yang diperoleh dari nilai awal yang dilakukan sebelum pelaksanaan model pembelajaran Creative Approach berbasis Pictorial Riddle Approach dengan metode Problem Solving dan dari data yang diperoleh setiap akhir pertemuan yaitu aspek kognitif dan efektif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah satu kelas VIII yang berjumlah 37 siswa. Analisis data dari penelitian ini adalah dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan di dapatkan rata-rata hasil belajar 49,57 dan rata-rata pada siklus I meningkat 65,41; rata-rata siklus II meningkat menjadi 70,54; dan rata-rata siklus III meningkat menjadi 84,59. Aktivitas siswa dalam aspek afektif meningkat dari siklus I sampai siklus III. Pada siklus I didapatkan rata-rata 22,70 (kurang berhasil), rata-rata siklus II 33,28 (cukup berhasil) dan rata-rata siklus III meningkat menjadi 45,16 (sangat berhasil). Peningkatan pada aspek kognitif dapat dilihat dari aspek kognitif sebelum tindakan 16% prosentase ketuntasan, setelah tindakan siklus III meningkat 90% prosentase belajar siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Creative Approach berbasis Pictorial Riddle Approach dengan metode Problem Solving, efektif meningkatkan pemahaman sistem peredaran darah dan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Creative Approach, Pictorial Riddle Approach, metode Problem Solving, peningkatan pemahaman konsep.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 12 Jan 2010 08:25
Last Modified: 02 May 2011 09:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5611

Actions (login required)

View Item View Item