Pengaruh Kreativitas Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura

Nur, Muhamad (2016) Pengaruh Kreativitas Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (441kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (966kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (299kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh Kretivitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi, 2) Pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar ekonomi, 3) Pengaruh kreativitas belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar ekonomi. Penelitian ini termasuk penelitian asosiatif kuantitatif yang kesimpulannnya diperoleh berdasarkan pada hasil analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N Kartasura angkatan 2014/2015 yang berjumlah 284 siswa dengan sampel 71 siswa yang diambil dengan teknik random sampling dengan cara undian. Data yang yang diperlukan diperoleh melalui metode angket dan metode dokumentasi. Sebelumnya angket telah diuji-cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji R2, sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi: Y = 45,301+ 0,499X1 + 0,325X2 yang artinya prestasi belajar ekonomi dipengaruhi oleh kreativitas belajar dan disiplin belajar. Kesimpulan yang diperoleh adalah: 1) kreativitas belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas VIII SMP N 2 Kartasura angkatan 2013/2014. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,687 > 1,999 (α=5%) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. 2) disiplin beljar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas VIII SMP N 2 Kartasura angkatan 2013/2014. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,384> ttabel 1,999 (α=5%) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. 3) Kreativitas belajar dan disiplin belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas VIII SMP N 2 Kartasura angkatan 2013/2014. Berdasarkan hasil uji F diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 26,829>3,131 pada taraf signifikansi 5%. 4) variabel X1 memberikan sumbangan relatif sebesar 53,64% dan sumbangan efektif sebesar 23,655%, variabel X2 memberikan sumbangan relatif sebesar 42,35% dan sumbangan efektif sebesar 18,67%. 5) Hasil perhitungan R2diperoleh 0,441,berarti 42,325% prestasi belajar ekonomi dipengaruhi oleh kreativitas belajar dan disiplin belajar, sisanya sebesar 55,9% dipengaruhi variabel di luar penelitian.,The purpose of this study was to determine: 1) Effect of Creativity learning the learning achievement of economic, 2) The effect of the discipline of learning the learning achievement of economic, 3) Effect of creativity in learning and discipline of learning the learning achievement of the economy. This research includes studies associative quantitative conclusions obtained based on the results of statistical analysis. The population in this study were all eighth grade students of SMP N Kartasura force 2014/2015, amounting to 284 students with a sample of 71 students drawn by random sampling technique by means of a lottery. The data required is obtained through the questionnaire method and the method of documentation. Previously-tested questionnaire was piloted and tested for validity and reliability test. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis, t test, F test, R2 test, the relative contribution and effective. Results of regression analysis regression equation: Y = 45,301+ 0,499X1 + 0,325X2 which means the learning achievement of economies affected by the creativity of learning and discipline of learning. The conclusion is: 1) creativity learning significantly influence learning achievement of economic grade students of SMP N 2 Kartasura force 2013/2014. Based on t test obtained t> t table is 3.687> 1.999 (α = 5%) and a significance value <0.05 is 0.000. 2) discipline beljar significant effect on learning achievement of economic grade students of SMP N 2 Kartasura force 2013/2014. Based on t test obtained t> t table is 5.384> 1.999 ttabel (α = 5%) and a significance value <0.05 is 0.000. 3) Creativity learning and discipline to learn a significant effect on learning achievement of economic grade students of SMP N 2 Kartasura force 2013/2014. Based on test results obtained Fhitung F> Ftable is 26.829> 3.131 at a significance level of 5%. 4) variable X1 gives the relative contribution of 53.64% and the effective contribution of 23.655%, X2 gives the relative contribution of 42.35% and the effective contribution of 18.67%. 5) The calculation R2diperoleh 0.441, meaning 42.325% economic study achievement is influenced by the creativity of learning and discipline of study, the remaining 55.9% influenced by variables outside the research.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas belajar, Disiplin Belajar, Prestasi Belajar Ekonomi, learning Creativity, Discipline Learning, Learning Achievement Economics
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: MUHAMAD NUR
Date Deposited: 01 Feb 2016 06:38
Last Modified: 01 Feb 2016 06:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/40585

Actions (login required)

View Item View Item