Pembinaan Akhlak Dalam Pendidikan Non Formal Bagi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta Di Pesantren Mahasiswa Al Ausath Mendungan Pabelan Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun 2013/2014

Lazuardi, Moh Rizal and , Dra. Chusniatun, M.Ag and , Dr. Syamsul Hidayat, M.Ag. (2015) Pembinaan Akhlak Dalam Pendidikan Non Formal Bagi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta Di Pesantren Mahasiswa Al Ausath Mendungan Pabelan Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Pernyataan)
01. Surat Pernyataan Publikasi Karya Ilmiah.pdf

Download (289kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
03. Halaman Depan.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf

Download (447kB)
[img] PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (806kB)
[img] PDF (Bab Iii)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)
[img] PDF (Bab iV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[img] PDF (Bab v)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09. Daftar Pustaka.pdf

Download (269kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. Artikel Publikasi Ilmiah.pdf

Download (750kB)

Abstract

Eksistensi pendidikan yang bernuansa akhlak mulia, menjadi sangat penting tidak hanya untuk membekali mahasiswa dalam hal pengamalan nilai-nilai agama yang dianut, tetapi yang terpenting adalah mengantarkan peserta didik agar menjadi manusia yang berbudi pekerti luhur (berakhlak mulia). Pendidikan akhlak membawa misi pokok untuk terwujudnya manusia (peserta didik serta lulusan) yang memiliki akhlak mulia serta mampu mengamalkan ilmu dan keterampilan yang digelutinya dalam bentuk sikap dan perilaku tanpa meninggalkan nilai-nilai akhlak mulia. Berdasarkan hal itu maka menulis melakukan penelitian tentang “Pembinaan Akhlak dalam Pendidikan Non Formal bagi Mahasiswa UMS di Pesantren Mahasiswa Al Ausath Mendungan Pabelan Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo tahun 2013/2014”. Permasalahan dari penelitian ini adalah: 1 Bagaimanakah pelaksanaan pembinaan akhlak dalam pendidikan non-formal bagi mahasiswa UMS di Pesantren Mahasiswa Al-Ausath Mendungan-Pabelan tahun 2013/2014?, sehingga tujuan dari skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembinaan akhlak bagi mahasiswa UMS di Pesantren Mahasiswa Mendungan Pabelan tahun 2013/2014 meliputi konteks pembinaan, input pembinaan, proses pembinaan dan hasil pembinaan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh elemen yang terlibat dalam proses pembinaan akhlak di Pesma Al-Ausath Mendungan meliputi pengelola, ustadz-ustadz, mahasiswa santri al-Ausath dan masyarakat sekitar, sedangkan sampel penelitian adalah pengelola, pengajar dan mahasiswa santri. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa konteks pembinaan akhlak bagi mahasiswa UMS di Pesma Al-Ausath mendungan telah sesuai dengan konsep pendidikan Islam. Input pendidikan yang terdiri dari mahasiswa, pengajar, sarana dan prasana secara keseluruhan cukup baik. Proses pembinaan akhlak secara umum tergolong cukup berjalan dengan baik, antara lain meliputi : pola pembinaan 2-1 memberi ruang mahasiswa untuk belajar, beramal dan berdakwah sekaligus, metode pembinaan yang variatif menempuh segala metode yang memungkinkan seperti pengajaran, pembiasan, ketedanan, islah dan nasihat. Hasil pembinaan secara umum menunjukkan hasil yang positif dan memenuhi standar minimal akhlak seorang muslim meliputi akhlak kepada Allah, akhlak kepada sesama, dan akhlak kepada diri sendiri.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendidikan, pembinaan, akhlak.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 18 Dec 2015 07:52
Last Modified: 09 Oct 2021 03:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39994

Actions (login required)

View Item View Item