Penggunaan Metode Pembelajaran Card Sort Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Viiid Di Smp Negeri 1 Karangmalang Sragen

Nurmahestiningrum, Anisyah and , Drs. Joko Suwandi, SE, M.Pd and , Dr. Wafrotur Rohmah, M.M. (2015) Penggunaan Metode Pembelajaran Card Sort Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Viiid Di Smp Negeri 1 Karangmalang Sragen. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (158kB)
[img] PDF (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (245kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk memberikan gambaran dan informasi yang jelas tentang penyusunan program pembelajaran, dengan menggunakan metode pembelajaran Card Sort dalam upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa; 2) Untuk meningkatkan aktifitas belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran siswa aktif (active learning). Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 3 siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Karangmalang Sragen pada semester gasal tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian terhadap siswa kelas VIIID yang berjumlah 41 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode interaktif yang meliputi reduksi data, pengumpulan dan penyimpulan data. Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa telah mencapai nilai diatas 75 % atau telah mencapai klasikal dan ketuntasan belajar yang rata-rata nilai nya diatas nilai terendah yaitu 55 % maka penelitian ini dianggap sudah berhasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pembelajaran menggunakan metode Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIIID di SMP Negeri 1 Karangmalang Sragen tahun 2010/2011. Hasil belajar IPS (Ekonomi) siswa meningkat pada saat kondisi awal sampai pada siklus ke III dengan 4 indikator yaitu pertama: sebelum tindakan, siswa yang mengemukakan pendapat sebanyak 4 siswa ada (10,54%), siklus I sebanyak 7 siswa ada (18,60%), siklus II sebanyak 8 siswa (20,50%),dan siklus III sebanyak 9 siswa ada (23,60%). Kedua: Sebelum tindakan, siswa yang mengajukan pertanyaan sebanyak 6 siswa ada (15,43%), siklus I sebanyak 8 siswa ada (20,53%), siklus II sebanyak 9 siswa (23,60%), dan siklus III sebanyak 11 siswa (27,53%). Ketiga: Sebelum tindakan, siswa yang mengerjakan soal latihan di depan kelas sebanyak 7 siswa ada (18,60%), siklus I sebanyak 7 siswa ada (18,60%), siklus II sebanyak 9 siswa (23,60%), siklus III sebanyak 10 siswa ada (25,55%). Keempat: Sebelum tindakan, siswa yang mengerjakan tugas rumah sebanyak 10 siswa ada (25,55%), siklus I sebanyak 11 ada (27,46%), siklus II sebanyak 12 siswa ada (31,56%),dan siklus III sebanyak 13 siswa (33,51%). Langkah – langkah dalam pembelajaran card sort antara lain: interaksi guru dan siswa sudah meningkat, guru memberikan stimulus pada siswa dan melatih siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran, minat siswa dalam mengikuti pembelajaran dan tingkat tanggung jawab siswa terhadap materi sudah meningkat. Hasil belajar siswa sebelum tindakan diperoleh rata-rata 5,98 dengan ketuntasan 0%, pada siklus I rata-rata hasil belajar 6,80 dengan ketuntasan 15%, siklus II rata-rata hasil belajar 7,59 dengan ketuntasan 56%, dan siklus III rata-rata hasil belajar 8,0 dengan ketuntasan 93%. Kata Kunci: metode pembelajaran card sort, hasil belajar IPS (ekonomi)

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran card sort, hasil belajar IPS (ekonomi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with username a210060152
Date Deposited: 05 Nov 2015 02:31
Last Modified: 08 Oct 2021 07:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39017

Actions (login required)

View Item View Item