Pengelolaan Pembelajaran Akuntansi Berbasis Kontekstual Di Sekolah Menengah Al Firdaus Kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial Tahun Ajaran 2014/2015

YULIANA, INDAH and , Dr. Sabar Narimo, M.M., M.Pd (2015) Pengelolaan Pembelajaran Akuntansi Berbasis Kontekstual Di Sekolah Menengah Al Firdaus Kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (266kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (420kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (222kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)

Abstract

Indah Yuliana. A 210 100 197. Pengelolaan Pemebelajaran Akuntansi Berbasis Kontekstual di Sekolah Menengah Al Firdaus Kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi, Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015 Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran Akuntansi berbasis kontekstual yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi di Sekolah Menengah Al Firdaus Kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial. (2) Mendiskripsikan kendala pelaksanaan pembelajaran Akuntansi berbasis kontekstual di Sekolah Menengah Al Firdaus Kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial.. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, data penelitian tentang pengelolaan pembelajaran akuntansi kontekstual dan kendala pelaksanaannya dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara, pengamatan dan studi dokumentasi. Kesimpulan penelitian : (1) Perencanaan pembelajaran akuntansi dilaksanakan diawal tahun pembelajaran dengan menyiapkan silabus dan RPP (2) Pelaksanaan pembelajaran akuntansi kontekstual di Sekolah Menengah Al Firdaus belum optimal, (3) Penilaian tidak hanya menilai hasil akhir tetapi juga menilai prosesnya. Pelaksanaan pembelajaran akuntansi belum optimal terkendala dengan : (1) Guru belum sepenuhnya memahami dan menguasai pembelajaran yang kontekstual, (2) Guru kesulitan pada saat mengaitkan materi pembelajaran dengan situasi kehidupan yang sudah dikenal oleh siswa, (3) Pembelajaran masih dominan menggunakan metode ceramah, meskipun sudah baik karena sudah memanfaatkan teknologi informasi dengan bantuan komputer dan LCD melalui program microsoft excel. Mengubah paradigma baru untuk melakukan proses pembelajaran kontekstual masih sulit dilakukan, meskipun guru telah mengetahui berbagai macam metode pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, pembelajaran akuntansi, kontekstual
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with username a210100197
Date Deposited: 03 Nov 2015 04:17
Last Modified: 12 Oct 2021 04:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38913

Actions (login required)

View Item View Item