Peran Pendidikan Koperasi Dalam Membangun Nilai Nasionalisme Perekonomian Indonesia (Studi Kasus Pelaksanaan Pendidikan Anggota Kopma Ums)

Sholih, Budi and , Dra. Hj. Sri Gunarsi, S.H. M.H. (2015) Peran Pendidikan Koperasi Dalam Membangun Nilai Nasionalisme Perekonomian Indonesia (Studi Kasus Pelaksanaan Pendidikan Anggota Kopma Ums). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (401kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (851kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (177kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (699kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola kurikulum pendidikan di KOPMA Universitas Muhammadiyah Surakarta dalam upaya membangung nilai nasionalisme perekonomian Indonesia. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Prosedur penelitian menggunakan empat tahap yaitu pra lapangan, penelitian lapangan, observasi, analisis data, dan analisis dokumentasi. Hasil dari penelitian pendidikan koperasi di Kopma UMS terbukti dengan adanya pelaksanaan pendidikan anggota yang didalamnya termuat nilai nasionalisme perekonomian Indonesia. Adapun indikator dalam penelitian ini antara lain: 1) Cinta tanah air dan bangga menjadi bangsa Indonesia, 2) Mencintai dan menggunakan produk-produk dalam negeri, 3) Membangun rasa kekeluargaan dan semangat persatuan 4)Menumbuhkan semangat gotong-royong, 5) Berjiwa mandiri dan enterpreneurship, 6) Memiliki sifat bertanggung jawab, jujur dan ulet. Hasil dari penelitian ini sendiri nilai nasionalisme perekonomian Indonesia termuat dalam setiap materi Diksar, Dikmen dan Dikjut yang disampaikan kepada anggota Kopma UMS. Nilai nasionalisme perekonomian Indonesia pada materi Diksar, Dikmen dan Dukjut antara lain: 1) Materi perkoperasian, profil Kopma UMS, materi AD/ART serta materi ideologi koperasi lanjut terkandung nilai cinta tanah air dan bangga menjadi bangsa Indonesia, nilai membangun rasa kekeluargaan dan semangat persatuan, nilai menumbuhkan semangat gotongroyong. 2) materi kepemimpinan dasar, kepanitiaan dan eo, materi outbond, materi public speaking dan relationship, AMT, serta materi manajemen konflik memuat nilai, membangun rasa kekeluargaan dan semangat persatuan, nilai menumbuhkan semangat gotong-royong, serta nilai kepemimpinan, tanggung jawab, jujur dan ulet. 3) Materi kewirausahaan serta materi managemen bisnis dan usaha koperasi, termuat nilai mencintai dan menggunakan produk-produk dalam negeri, nilai berjiwa mandiri dan enterpreneurship, serta nilai kepemimpinan, tanggung jawab, jujur dan ulet. 4) Materi manajemen administrasi nilai nasionalisme yang terkandung antara lain, nilai kepemimpinan, tanggung jawab, jujur dan ulet.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: karakter, perekonomian Indonesia, nasionalisme, koperasi mahasiswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Unnamed user with username a220080066
Date Deposited: 02 Nov 2015 03:05
Last Modified: 06 Oct 2021 13:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38733

Actions (login required)

View Item View Item