PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN PADA SISWA (Studi Kasus Pada Kegiatan Taruna di SMK Negeri 2 Sragen Tahun Pelajaran 2014/2015)

AZIZ, ABDUL (2015) PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN PADA SISWA (Studi Kasus Pada Kegiatan Taruna di SMK Negeri 2 Sragen Tahun Pelajaran 2014/2015). Skripsi thesis, UMS.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
02 NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (275kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
03 HALAMAN DEPAN.pdf

Download (252kB)
[img] PDF (BAB I)
04 BAB I.pdf

Download (65kB)
[img] PDF (BAB II)
05 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (BAB III)
06 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (BAB IV)
07 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] PDF (BAB V)
08 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (68kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
10 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN)
01 SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)

Abstract

ABSTRAK PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN PADA SISWA (Studi Kasus Pada Kegiatan Taruna di SMK Negeri 2 Sragen Tahun Pelajaran 2014/2015) Abdul Aziz. A 220 090 126. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015. xiv + 101 halaman (termasuk lampiran) Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan implementasi penanaman karakter disiplin melalui kegiatan taruna pada siswa kelas X di SMK Negeri 2 Sragen Tahun Pelajaran 2014/2015, 2) Mendeskripsikan kendala apa saja yang ditemukan dalam penanaman karakter disiplin melalui kegiatan taruna pada siswa kelas X di SMK Negeri 2 Sragen Tahun Pelajaran 2014/2015, 3) Mendeskripsikan solusi yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam penanaman karakter disiplin melalui kegiatan taruna pada siswa kelas X di SMK Negeri 2 Sragen Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu Kepala Sekolah, pelatih kegiatan taruna dan siswa kelas X SMK N 2 Sragen. Objek penelitian ini yaitu karakter disiplin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumen. Penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Implementasi Penanaman Karakter Disiplin Melalui Kegiatan Taruna pada Siswa Kelas X di SMK Negeri 2 Sragen Tahun Pelajaran 2014/2015, meliputi a) Ketaatan terhadap tata tertib sekolah, b) Ketaatan terhadap kegiatan belajar di sekolah, c) Ketaaatan dalam mengerjakan tugas-tugas pelajaran, d) Ketaatan terhadap kegiatan belajar di rumah. 2) Kendala yang Ditemukan dalam Penanaman Karakter Disiplin Melalui Kegiatan Taruna pada Siswa Kelas X di SMK Negeri 2 Sragen Tahun Pelajaran 2014/2015, meliputi a) Sulitnya menyamakan persepsi (sudut pandang) antara fasilitator dengan peserta didik/warga belajar tentang pentingnya disiplin bagi kehidupan diri sendiri dan orang lain, b) Kurangnya pemahaman peserta didik/warga tentang arti penting disiplin serta manfaat disiplin itu sendiri, c) Kurangnya kesadaran dari pihak fasilitator maupun peserta didik/warga belajar, dan d) Terbatasnya tenaga yang dapat mendukung terwujudnya disiplin. 3) Solusi yang Dilakukan untuk Mengatasi Kendala dalam Penanaman Karakter Disiplin Melalui Kegiatan Taruna pada Siswa Kelas X di SMK Negeri 2 Sragen Tahun Pelajaran 2014/2015, meliputi a) Konsep diri, b) Keterampilan berkomunikasi, c) Konsekuensi-konsekuensi logis dan alami, dan d) Terapi realitas. Kata kunci : Penanaman, Karakter Disiplin, Ketarunaan

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Penanaman, Karakter Disiplin, Ketarunaan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Unnamed user with username a220090126
Date Deposited: 04 Nov 2015 03:05
Last Modified: 04 Nov 2015 03:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38348

Actions (login required)

View Item View Item