Analisis Gaya Pengereman Pada Mobil Nasional Mini Truck

SETIYONO, ROHMAD (2015) Analisis Gaya Pengereman Pada Mobil Nasional Mini Truck. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
3.HALAMAN DEPAN.pdf

Download (798kB)
[img] PDF (Bab I)
4.BAB I.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (Bab II)
5.BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (903kB)
[img] PDF (Bab III)
6.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] PDF (Bab IV)
7.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (476kB)
[img] PDF (Bab V)
8.BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
2.NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rem adalah bagian penting dari kendaraan, yang berfungsi untuk memperlambat atau menghentikan kendaraan. Tujuannya untuk menentukan kapasitas maksimum dari kampas rem kiri dan kampas rem kanan serta waktu yang dibutuhkan untuk berhenti dengan perbedaan kecepatan kendaraan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui besaran gaya yang terjadi pada rem untuk kendaraan roda empat dengan analisis berubah – ubah jarak pengereman anatara 5m, 10m, 15m, dengan variasi kecepatan kendaraan 40 km/jam, 50km/jam, 60km/jam, 70km/jam, 80km/jam Dari perhitungan dinamika kendaraan pengereman, ditemukan bahwa MOBIL NASIONAL MINI TRUCK kendaraan dengan kecepatan 80km/jam dengan jarak pengereman 5 meter waktu yang dibutuhkan adalah 0,45 detik, memberikan perlambatan kendaraan adalah 49.284 m/dt. Serta menghasilkan gaya tuas rem dari silinder rem kiri adalah 2527.44 N. dan gaya tuas rem dari silinder rem kanan adalah 1932.75 N. disini juga menghitung gaya injak pedal terhadap tekanan minyak apabila pedal rem diberi beban 5kgf maka tekanan minyak adalah 14.93 kg/cm2. Gaya pengereman adalah gaya yang harus dipenuhi oleh unit rem terkandung di dalam kendaraan tersebut.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: system pengereman, jarak pengereman, kecepatan
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 23 Oct 2015 08:41
Last Modified: 23 Oct 2015 08:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38098

Actions (login required)

View Item View Item