Penggunaan Media Video Pembelajaran IPS Terpadu pada Sub Materi Mendeskripsikan Kondisi Geografis Indonesia Siswa Kelas VII SMP N 2 Banyudono

Hanafi, Eska and , Dr. Tjipto Subadi, M.Si (2015) Penggunaan Media Video Pembelajaran IPS Terpadu pada Sub Materi Mendeskripsikan Kondisi Geografis Indonesia Siswa Kelas VII SMP N 2 Banyudono. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (906kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (4MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)

Abstract

Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan media video pembelajaran. Model exsperimen yang digunakan menggunakan video animasi yang bergerak, dan bersuara. Penelitian ini menekankan pada penggunaan media yang telah ada untuk dilakukan uji coba atau disebut exsperimen, penelitian ini bertujuan untuk menguji produk bahan ajar kurikulum 2013 terbitan kementrian pendidikan dan kebudayaan di kelas VII SMP, dan menghsilkan media ajar pada pelajaran ips sub tema mendeskripsikan kondisi geografis Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) exsperimen media video pembelajaran dengan sub materi mendeskripsikan kondisi geografis indonesia berdampak positif untuk menambah dan mendongkrak kemampuan siswa untuk bisa mengikuti dan menerapkan hasil dari proses pembelajaran (2) Berdasarkan validasi tingkat signifikan sebesar 5% atau 0,05 dan menunjukkan bahwa 15 soal yang dinyatakan valid dari 20 soal (3) Berdasarkan hasil uji Paired t Test menunjukkan kelas exsperimen dan kelas kontrol yang menunjukkan nilai signifikan 0,000 sehingga < 0,05. Dapat dilihat bahwa hasil exsperimen mengalami peningkatan dan dikatakan berhasil.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Exsperimen, Media, Pembelajaran, Ilmu, Sosial
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Eska Hanafi
Date Deposited: 23 Oct 2015 06:59
Last Modified: 11 Oct 2021 06:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38074

Actions (login required)

View Item View Item