Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Akhlak Mulia Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 3 Tawangsari Sukoharjo Jawa Tengah Tahun Ajaran 2015

Yudiyanto, Sigit and , Dr. Badaruddin, M.Ag and , Drs. Arief Wibowo. M.Ag (2015) Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Akhlak Mulia Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 3 Tawangsari Sukoharjo Jawa Tengah Tahun Ajaran 2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (799kB)
[img] PDF (Halaman Depan (Cover))
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (255kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] PDF (BAB VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
Pernyataan Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)

Abstract

Akhlak mempunyai pengaruh besar terhadap individu manusia dan terhadap suatu bangsa. Ajaran-ajaran akhlak sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah saw dalam kehidupan sehari-hari, seperti yang terdapat di beberapa ayat al-Qur’an yang menjelaskan tentang akhlak mulia Rasulullah. Sebagaimana yang terdapat dalam Q.S. Al-Aḥzāb:21 yang artinya “ Sesungguhnya telah ada pada Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu, bagi orang yang mengharap Allah dan hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah”. Dari ayat tersebut mengindikasikan perlu adanya akhlak mulia, baik dikehidupan agama maupun kehidupan beragama. Dalam upaya meningkatkan akhlak mulia peserta didik seorang guru Pendidikan Agama Islam memiliki peranan yang sangat penting. Karena menurut Zuhairin, guru Pendidikan Agama Islam merupakan pendidik yang mempunyai tanggung jawab dalam membentuk kepribadian Islam anak didik, serta bertanggung jawab terhadap Allah swt. Dia juga membagi tugas seorang guru agama Islam, antara lain : mengajarkan ilmu pengetahuan agama Islam, menanamkan keimanan dalam jiwa anak, mendidik anak agar taat kepada agama, mendidtk anak agar berbudi pekerti yang mulia. Dalam penelitian ini, masalah yang dikaji adalah bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkan akhlak mulia peserta didik kelas VII di SMPN 3 Tawangsari Sukoharjo Jawa Tengah tahun ajaran 2014/2015 Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk mendeskripsikan bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan akhlak mulia peserta didik kelas VII di SMP Negeri 3 Tawangsari. Adapun manfaat penelitian ini adalah Agar dapat memberikan kontribusi pemikiran dalam upaya meningkatkan akhlak mulia peserta didik. Sebagai bekal para guru Pendidikan Agama Islam dalam upaya meningkatkan akhlak mulia peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapanan. dengan sumber data dari kepala sekolah, guru PAI dan peserta didik, serta dokumen. Dalam pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan deskripsi kualitatif dan analisis yang digunakan adalah induktif. Berdasarkan analisis data penelitian, dapat ditarik kesimpulan Dalam upaya guru PAI dalam meningkatkan akhlak mulia peserta didik tahun ajaran 2015 menggunakan 2 metode yaitu : metode Pembiasaan, metode keteladanan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Upaya Guru PAI, Akhlak Mulia, Peserta Didik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Sigit Yudiyanto
Date Deposited: 21 Oct 2015 04:09
Last Modified: 12 Oct 2021 06:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37950

Actions (login required)

View Item View Item