Analisis Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru di SMK Muhammadiyah 3 dan 6 Gemolong Sragen

Murni, Murni and , Prof. Dr. Bambang Sumardjoko, M.Pd (2015) Analisis Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru di SMK Muhammadiyah 3 dan 6 Gemolong Sragen. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (224kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (738kB)
[img] PDF (Bab I)
Bab 1.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
Surat Pernyataan Publikasi Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: (1) kinerja guru SMK Muhammadiyah 3 dan 6 Gemolong setelah mendapat sertifikat profesional, (2) upaya yang dilakukan guru bersertifikasi di SMK Muhammadiyah 3 dan 6 Gemolong dalam meningkatkan pengembangan keprofesian berkelanjutan, (3) permasalahan atau hambatan-hambatan yang dihadapi oleh para guru sertifikasi di SMK Muhammadiyah 3 dan 6 Gemolong dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan, dan (4) dukungan kepala sekolah dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode etnografi. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan trianggulasi data. Teknik analisis data meliputi :pengumpulan, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah : (1) belum ada perubahan yang signifikan terhadap kinerja guru setelah sertifikasi, (2) upaya pengembangan diri dilakukan dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), diklat, pelatihan, workshop,dan seminar belum maksimal, (3) permasalahan yang dihadapi guru dalam pengembangan profesi yang dominan adalah undangan pada jam efektif, bertepatan dengan kegiatan di sekolah, kurang memahami pentingnya penelitian, kurang menguasai materi dan teknik penulisan, dan belum ada sosialisasi/pelatihan/pendampingan penyusunan PTK, (4) kepala sekolah memberikan dukungan yang positip terhadap guru sertifikasi dalam melaksanakan kegiatan pengembangan profesi.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: kinerja guru, pengembangan keprofesian berkelanjutan, sertifikasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Murni
Date Deposited: 07 Oct 2015 04:13
Last Modified: 12 Oct 2021 13:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37627

Actions (login required)

View Item View Item