Upaya Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Melalui Jurus Biodrawing Di TK Desa Trosemi Ii Bangsan Gatak Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014

LARASWATI, DONA DIAN and , Aryati Prasetyarini, M.Pd and , Drs. Haryono Yuwono (2015) Upaya Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Melalui Jurus Biodrawing Di TK Desa Trosemi Ii Bangsan Gatak Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (724kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (899kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (189kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian dilakukan guna meningkatkan kemampuan visual-spasial anak khususnya menggunakan variasi dalam kegiatan jurus biodrawing. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Subjek peneliti ini adalah kelompok B yang berjumlah 17 anak sebagai penerima tindakan dan guru sebagai pemberi tindakan di TK Desa Trosemi II Gatak Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014. Data tentang kemampuan visual-spasial dikumpulkan melalui metode observasi dan catatan lapangan. Teknis analisis data kemampuan visual spasial menggunakan analisis komparatif. Anlisis data penggunaan kegiatan jurus biodrawing menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan kecerdasan vsual-spasial anak melalui kegiatan jurus biodrawing. Hasil ini dapat dilihat dari prosentase rata-rata hasil kemampuan visual-spasial anak dalam satu kelas sebelum tindakan adalah 33,57%, siklus I mencapai 57,84%, dan siklus II mencapai 88,57%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan jurus biodrawing dapat meningkatkan kecerdasan visual-spasial anak khususnya meggunakan variasi dalam kegiatan kelompok B di TK Desa Trosemi II Gatak Sukoharjo.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Visual-spasial, Kegiatan Jurus Biodrawing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 05 Oct 2015 11:48
Last Modified: 08 Oct 2021 06:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37606

Actions (login required)

View Item View Item