Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Berbasis Karakter Di MTS N Klaten

Nuryanti, Rina and , Prof. Dr. Bambang Sumardjoko and , Dr. Eko Supriyanto (2015) Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Berbasis Karakter Di MTS N Klaten. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (150kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (502kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf

Download (49kB)

Abstract

Pendidikan karakter di sekolah sangat diperlukan, walaupun dasar dari pendidikan karakter adalah dalam keluarga. Ada keterkaitan yang sangat erat antara pendidikan dan karakter, antara lain bahwa pendidikan berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak (karakter) serta peradaban bangsa yang bermanfaat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Penelitian bertujuan untuk memberikan gambaran yang lebih jelas tentang Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan berbasis karakter di MTs N Klaten, yaitumengenaiperencanaan, pelaksanaandanpenilaian. Pengelolaan pembelajaran disini mencakup tiga hal yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi/penilaian pembelajaran pendidikan kewarganegaraan berbasis karakter di MTs N Klaten. Bentuk penelitian adalah penelitian kualitatif yang merupakan studi kasus (case study). Informan dalam penelitian ini adalah kepala Madrasah, guru, siswa dan pihak-pihak terkait. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan pencatatan isi dokumen. Keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber, tehnik analisa data dengan analisa model interaktif. Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Karakter di MTs N Klaten dilaksanakan sesuai dengan teori-teori pembelajaran, baik dalam hal perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasi, namun ada beberapa hal yang masih perlu ditambahkan, diantaranya dalam perencanaan pembelajaran guru belum membuat sendiri tetapi masih bersama-sama mengambil dari internet, dan hanya beberapa guru yang sudah menguasai IT sehingga perlu pelatihan untuk penguasan IT bagi guru, kemudian dalam pelaksanaannya alangkah baiknya posisi duduk siswa dibuat lebih interaktif agar pembelajaran dapat berlangsung lebih aktif dan perlunya pemberian reward bagi siswa yang aktif supaya siswa lebih bersemangat

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: karakter, pendidikan kewarganegaraan,pengelolaan pembelajaran.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Rina Nuryanti
Date Deposited: 11 Sep 2015 06:52
Last Modified: 12 Oct 2021 13:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37389

Actions (login required)

View Item View Item