Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Lirik Lagu pada Album Don’t Make Me Sad Karya Band Letto : Tinjauan Sosiologi Sastra dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA

Frendi Saputro, Erfan and , Dra. Main Sufanti, M.Hum. and , Drs. Zainal Arifin, M.Hum. (2015) Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Lirik Lagu pada Album Don’t Make Me Sad Karya Band Letto : Tinjauan Sosiologi Sastra dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammdiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi JADI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan JADI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (393kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II new.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III iki yoo diprit.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV DON'T MAKE ME SAD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (697kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] PDF (Daftar Puskata)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (297kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran JADI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
Pernyataan Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (641kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) memaparkan bentuk struktur puisi pada lirik lagu yang terdapat dalam album Don't Make Me Sad karya Band Letto, (2) Mengungkapkan nilai pendidikan agama Islam yang ada pada lirik lagudialbum Don't Make Me Sadkarya band Letto, (3) Memaparkan persepsi guru terhadap hasil penelitian sebagai bahan ajar sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan penelitian deskritif kualitatif. Objek penelitian ini adalah nilai pendidikan agama Islam dalam lirik lagu. Data pada penelitian ini beruapa lirik lagu dalam album Don’t Make Me Sad. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik pustaka, teknik catat, teknik baca dan teknik wawancara. Teknik validasi data menggunakan trianggulasi teori. Teknik analisis data menggunakan model semiotik yaitu pembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil penelitian ini berupa (1) hasil analisis struktural pada lirik lagu di album Don’t Make Me Sad yaitu (a) tema dalam album ini temanya bervariasi.(b) nada pada album ini hampir keseluruhan sama. (c) perasaan dan amanat dalam album ini penyair lebih menonjolkan pemaknaan waktu. (d) diksi pada album ini hampir keseluruhan sama dalam maknanya. (e) pengimajian atau imajinasi yang ditonjolkan berbeda-beda. (f) kata konkret digunakan untuk pemaknaan dikeseluruhan lagu. (g )majas pada album ini bervariasi. (h) rima dan ritma pada album ini juga berbeda-beda. (2) nilai pendidikan agama Islam pada lirik lagu dalam album ini yaitu (a) nilai pendidikan akidah pada album ini lebih menekankan keyakinan. (b) nilai pendidikan ibadah/syariah adalah cara beribadah dan hampir terdapat pada semua lagu. (c) nilai pendidikan akhlak disemua lirik lagu menggambarkan tentang perilaku. (3) implementasinya sebagai bahan ajar sastra sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada jenjang kelas X semester 2. Hal ini juga sesuai dengan Kurikulum 2013 terdapat pada KI KD dalam jenjang kelas X semester. Sekaligus sesuai dengan persepsi guru di sekolahan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: struktural, Don’t Make Me Sad , sosiologi sastra, bahan ajar sastra di SMA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: ERFAN FRENDI SAPUTRO
Date Deposited: 08 Sep 2015 03:01
Last Modified: 07 Oct 2021 14:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37338

Actions (login required)

View Item View Item