Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pendekatan Scientific Dengan Strategi Numbered Heads Together (Ptk Pada Siswakelasviisemester Gasal Di Smp Negeri 1 Ngemplak Tahun Ajaran 2014/2015)

kurniawati, Novia Suci (2015) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pendekatan Scientific Dengan Strategi Numbered Heads Together (Ptk Pada Siswakelasviisemester Gasal Di Smp Negeri 1 Ngemplak Tahun Ajaran 2014/2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (662kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (106kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf

Download (341kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf

Download (271kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (781kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf

Download (96kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (529kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)
[img] PDF (PERYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH)
PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemecahan masalah matematika bagi siswa kelas VII B Semester Ganjil SMP N 1 Ngemplak melalui pendekatan Scientific dengan strategi NHT. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelian pada penelitian ini adalah seluruh siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan vertifikasi data. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemecahan masalah matematika yang dilihat dari indikator: (a) siswa mampu memahami masalah dari kondisi awal (15,625%) meningkat menjadi (78,125%), (b) siswa mampu merencanakan pemecahan masalah dari kondisi awal (21,875%) meningkat menjadi (75%), (c) siswa mampu melaksanakan pemecahan masalah dari kondisi awal (12,5%) meningkat menjadi (87,5%), (d) siswa mampu memeriksa kembali hasil dari suatu masalah matematika dari kondisi awal (25%) meningkat menjadi (81,125%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan Scientific dengan strategi NHT dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemecahan masalah matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Numbered Heads Together; Pemecahan Masalah; Scientific
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: NOVIA SUCI KURNIAWATI
Date Deposited: 06 Aug 2015 07:27
Last Modified: 06 Aug 2015 07:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36387

Actions (login required)

View Item View Item