PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Ajaran 2008 / 2009)

LATIFAH , SAYIDAH (2009) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Ajaran 2008 / 2009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410050248.pdf

Download (51kB)
[img] Microsoft Word
A410050248.doc

Download (38kB)
[img] PDF
A410050248.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui aktivitas siswa pada bidang studi matematika melalui penerapan pendekatan kontekstual dengan strategi pembelajaran tipe Jigsaw, 2) mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan kontekstual dengan strategi pembelajaran tipe Jigsaw. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek yang melakukan tindakan dalam penelitian ini adalah guru matematika kelas VIII yang bekerjasama dengan peneliti serta rekan sesama peneliti sebagai pengamat, sedangkan subyek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pokok yang meliputi observasi dan tes tertulis serta metode bantu yang meliputi catatan lapangan, wawancara dan dokumetasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi, diskusi teman sejawat, analisis kasus negatif dan member check. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) penerapan pendekatan kontekstual dengan model strategi pembelajaran tipe Jigsaw dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika, (a) keaktifan siswa dalam bertanya di akhir putaran mencapai 43,47%, (b) keaktifan siswa berinteraksi dalam kelompok mencapai 78,26%, (c) keaktifan siswa dalam menjawab atau memberikan tanggapan pada akhir putaran mencapai 52,17%, (d) keaktifan siswa dalam mengerjakan soal di depan kelas pada akhir putaran mencapai 43,47%, dan (e) keaktifan siswa dalam mengerjakan soal diskusi di buku catatan pada akhir putaran mencapai 91,3%. 2) peran aktif siswa dalam proses belajar mengajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika yang ditunjukan dengan adanya peningkatan ketuntasan belajar dan nilai rata-rata siswa. Ketuntasan belajar siswa mencapai 86,95% dan nilai rata-rata siswa pada akhir putaran mencapai 65,22%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : pendekatan kontekstual, Jigsaw, keaktifan, hasil belajar
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 14 Jul 2009 03:37
Last Modified: 16 Nov 2010 13:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3522

Actions (login required)

View Item View Item