EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE MULTILEVEL PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN (Pada Siswa Kelas VII SMP PGRI 12 Kebakkramat)

Cahyani, Apri Winar (2009) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE MULTILEVEL PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN (Pada Siswa Kelas VII SMP PGRI 12 Kebakkramat). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410050231.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)
[img]
Preview
PDF
A410050231.pdf

Download (34kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar antara siswa yang diberi pengajaran menggunakan metode multilevel dengan pengajaran menggunakan metode konvensional, 2) mengetahui bahwa prestasi belajar matematika siswa yang diberi pengajaran dengan menggunakan metode multilevel lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diberi pengajaran menggunakan metode konvensional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP PGRI 12 Kebakkramat. Sampel diambil menggunakan teknik random sampling kemudian ditentukan kelompok eksperimen sebanyak 31 siswa yaitu kelas VII C dan kelompok kontrol sebanyak sebanyak 31 siswa yaitu kelas VII A. Metode pengumpulan data dengan metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji normalitas dengan metode Liliefors dan uji homogenitas dengan metode Bartlett. Dari hasil analisis data pada = 5 % diperoleh ttabel = 1,671 dan thitung = 3,9038 karena thitung > ttabel maka Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diberi pengajaran menggunakan metode multilevel dengan siswa yang diberi pengajaran menggunakan metode konvensional pada pokok bahasan himpunan. Implikasi dari penelitian ini adalah pengajaran matematika menggunakan metode multilevel pada pokok bahasan himpunan memberikan prestasi belajar yang lebih baik. Oleh karena itu metode multilevel dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pengajaran guna mengaktifkan siswa pada proses belajar mengajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran,matematika,multilevel,himpunan
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 14 Jul 2009 03:32
Last Modified: 21 Nov 2019 01:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3521

Actions (login required)

View Item View Item