PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA PERKALIAN MODEL MATRIK TERHADAP KEMAMPUAN MENGHITUNG HASIL KALI PADA SISWA KELAS III SDN BALUN 3 CEPU

Rahmawati, Luki (2009) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA PERKALIAN MODEL MATRIK TERHADAP KEMAMPUAN MENGHITUNG HASIL KALI PADA SISWA KELAS III SDN BALUN 3 CEPU. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410050220.pdf

Download (30kB)
[img] PDF
A410050220.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga perkalian model matrik dan tidak menggunakan alat peraga dalam kegiatan belajar mengajar Matematika. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas III SD Negeri Balun 3 Cepu yang terdiri dari dua kelas dan sampelnya yaitu kelas IIIA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 20 siswa, sedangkan kelas kontrol adalah siswa kelas IIIB dengan jumlah 20 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan acak kelompok (cluster random). Metode pengumpulan data adalah metode dokumentasi dan tes. Persyaratan uji analisis dilakukan dengan uji normalitas Liliefors dan uji homogenitas Bartlet. Data dianalisis menggunakan uji t-test dengan skor tes setelah ada perlakuan sebagai variabel terikat. Hasil penelitian menggunakan menunjukkan bahwa ada pengaruh pembelajaran menggunakan alat peraga perkalian model matrik dengan t hit = 1,815. Lebih lanjut dikatakan bahwa prestasi belajar Matematika dengan pembelajaran menggunakan alat peraga perkalian model matrik lebih baik daripada prestasi belajar Matematika dengan tidak menggunakan alat peraga pada pokok bahasan perkalian.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media-pembelajaran, alat-peraga, model-matrik.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 14 Jul 2009 02:26
Last Modified: 24 Oct 2011 05:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3518

Actions (login required)

View Item View Item