EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI THE POWER OF TWO TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA (Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Sambong Pada Pokok Bahasan Lingkaran)

Rimbawati , Eka Yuliana (2009) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI THE POWER OF TWO TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA (Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Sambong Pada Pokok Bahasan Lingkaran). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410050203.pdf

Download (149kB)
[img] PDF
A410050203.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (631kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh pendekatan pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa. (2) Pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar siswa. (3) Interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar siswa. Populasi dari penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP N 1 Sambong sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 2 kelas yaitu VIIIA sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 20 siswa dan VIIIB sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 20 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan (1) Uji Homogenitas, dengan uji Bartlett untuk mengetahui bahwa sampel berasal dari populasi yang sama dan (2) Uji Normalitas, dengan uji lilliefors untuk mengetahui apakah sampel yang diambil berasal dari populasi yang berdistribusi normal atau tidak. Dari hasil penelitian dengan taraf signifikansi 5% diperoleh FA = 4,207, FB = 0,1615 dan FAB = 1,4794. Sehingga dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa (2) Tidak terdapat pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar siswa (3) Tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan-The-Power-of-Two, pembelajaran-matematika, Kemampuan-awal-siswa
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 13 Jul 2009 08:33
Last Modified: 02 May 2011 10:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3510

Actions (login required)

View Item View Item