PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS MEDIA BERKONTEKS LOKAL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VI SD Muhammadiyah 16 Surakarta)

EFENDI , MUHAMMAD (2009) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS MEDIA BERKONTEKS LOKAL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VI SD Muhammadiyah 16 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410050202.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
A410050202.pdf

Download (64kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa SD kelas VI selama proses pembelajaran matematika dengan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik( PMR ) Berbasis Media dan Berkonteks Lokal. Obyek penerima tindakan adalah siswa kelas VI A dan VI B SD Muhammadiyah 16 Surakarta yang berjumlah 30 siswa dan 29 siswa. Subyek pelaksana tindakan adalah peneliti sedangkan subyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data adalah guru kelas dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode alur yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Data hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan keaktifan siswa, meliputi : keaktifan dalam mengemukakan ide/gagasan di kelas VI A dari 26,667% sebelum tindakan menjadi 64,286% dan kelas VI B dari 10,365% sebelum tindakan menjadi 50%, keaktifan dalam menjawab pertanyaan dari guru di kelas VI A dari 10% sebelum tindakan menjadi 71,428% dan kelas VI B dari 3,448% sebelum tindakan menjadi 57,143%, keaktifan mengerjakan soal ke depan kelas di kelas VI A dari 16,667% sebelum tindakan menjadi 75% dan kelas VI B dari 13,793% sebelum tindakan menjadi 53,571%, keaktifan dalam bertanya di kelas VI A dari 6,667% sebelum tindakan menjadi 53,571% dan kelas VI B dari 0% sebelum tindakan menjadi 35,714%, dan keaktifan dalam menarik kesimpulan baik secara individu maupun kelompok di kelas VI A dari 33,333% sebelum tindakan menjadi 78,571% dan kelas VI B dari 20,689% sebelum tindakan menjadi 64,286%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan PMR Berbasis Media dan Berkonteks Lokal dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar matematika sehingga prestasi belajar matematika meningkat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Peningkatan, Keaktifan, Pembelajaran Matematika Realistik ( PMR ) Berbasis Media dan Berkonteks Lokal.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 13 Jul 2009 08:19
Last Modified: 16 Nov 2010 13:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3507

Actions (login required)

View Item View Item