Pengaruh Metode Diskusi Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Abk Semester Gasal Mahasiswa Pgsd Fkip Ums Angkatan 2012/2013 Tahun 2014/2015

PRASETYO, SUSILO ADI and , Drs. Achmad Fathoni, M.Pd (2015) Pengaruh Metode Diskusi Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Abk Semester Gasal Mahasiswa Pgsd Fkip Ums Angkatan 2012/2013 Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.

This is the latest version of this item.

[img] PDF (Naskaah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (245kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (241kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (161kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (846kB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)

Abstract

Susilo Adi Prasetyo/A510110015 PENGARUH METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PGSD FKIP UMS SEMESTER GASAL TAHUN 2014/2015 ANGKATAN 2012/2013.Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.Juni, 2015. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui pengaruh metode diskusi dalam perkuliahan terhadap hasil belajar mahasiswa PGSD UMS semester gasal tahun 2014/2015 angkatan 2012/2013 2) Mengetahui besarnya pengaruh metode diskusi dalam perkuliahan terhadap hasil belajar mahasiswa PGSD UMS semester gasal tahun 2014/2015 angkatan 2012/2013. Jenis penelitian berdasarkan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian non-eksperimen, yaitu penelitian korelasional (hubungan/asosiasi). Penelitian mengambil sampel sebanyak 47 mahasiswa dari total populasi sebanyak 236 mahasiswa yang mengikutimatakuliah ABK dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi.Angket sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitasnya.Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji linieritas.Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana, korelasi, uji t serta koefisien determinasi (R2).Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa 1) Persamaan regresi linier sederhana sebagai berikut Y= 47,140 + 0,273X 2) Uji t menunjukkan Ho ditolak, thitung > ttabel, yaitu 3,373 > 2,014 dan nilai signifikan < 0,05, yaitu 0,02 < 0,05 3) Hasil perhitungan untuk nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,202, sehingga dapat disimpulkan hasil belajar PGSD UMS angkatan 2012/2013 dipengaruhi oleh metode diskusi sebesar 0,202 atau 20,2% dan sisanya 79,8% dipengaruhi oleh faktor selain metode diskusi yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci: pengaruh, metode, diskusi, hasil, belajar

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengaruh, metode, diskusi, hasil, belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Susilo Adi Prasetyo
Date Deposited: 14 Jul 2015 04:25
Last Modified: 12 Oct 2021 07:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34907

Available Versions of this Item

  • Pengaruh Metode Diskusi Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Abk Semester Gasal Mahasiswa Pgsd Fkip Ums Angkatan 2012/2013 Tahun 2014/2015. (deposited 14 Jul 2015 04:25) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item