PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGOPTIMALKAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA EMBELAJARAN (PTK Pembelajaran Matematika Kelas V SDN I Gumpang Kartasura )

Widiyaswati, Eni (2009) PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGOPTIMALKAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA EMBELAJARAN (PTK Pembelajaran Matematika Kelas V SDN I Gumpang Kartasura ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410050190.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (861kB)
[img]
Preview
PDF
A410050190.pdf

Download (35kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa pada pokok bahasan geometri dan pengukuran dalam pembelajaran matematika dan meningkatkan prestasi belajar siswa dengan mengoptimalkan barang bekas sebagai media pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V SD Negeri Gumpang I Kartasura sebagai subjek pemberi tindakan, kepala sekolah sebagai subjek pembantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, serta siswa-siswa kelas V yang berjumlah 37 orang sebagai subjek penerima tindakan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, catatan lapangan, review, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil dari penelitian adalah 1) adanya peningkatan keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran matematika, yang meliputi a) keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum dilakukan tindakan sebanyak 10,81% dan setelah tindakan 69,44%, b) keaktifan siswa dalam mengerjakan latihan soal yang diberikan sebelum dilakukan tindakan 24,32% dan setelah tindakan 83,33%, c) keberanian siswa dalam mengerjakan soal ke depan kelas sebelum dilakukan tindakan sebanyak 8,11% dan setelah tindakan 63,89% serta 2) pengoptimalan barang bekas sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar siswa hingga daya serap diatas 60 lebih dari 60% serta rata-rata prestasi belajar siswa sebelum dilakukan tindakan 29,73 dan setelah tindakan 81,18. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika dapat dilakukan dengan mengoptimalkan barang bekas sebagai media pembelajaran, sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: keaktifan, media pembelajaran, dan barang bekas.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 13 Jul 2009 03:45
Last Modified: 16 Nov 2010 14:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3482

Actions (login required)

View Item View Item