PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA POKOK BAHASAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL ( PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIIA SMP Negeri I Gemolong )

Awalia, Kurnia (2009) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA POKOK BAHASAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL ( PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIIA SMP Negeri I Gemolong ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410050178.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
A410050178.pdf

Download (79kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pokok bahasan pertidaksamaan linear satu variabel melalui pendekatan kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti sebagai pelaku tindakan kelas, guru matematika, dan kepala sekolah sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Gemolong, Sragen yang berjumlah 40 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan berpikir kreatif siswa dalam: 1). Mengemukakan ide meningkat dari (22.5%) menjadi (72.9%), 2). Berkomunikasi (diskusi) meningkat dari (27.5%) menjadi (81.1%), 3). Demokratis terhadap keragaman ide meningkat dari (17.5%) menjadi (70.3%), 4). Berpikir rasional/inovatif meningkat yaitu dari (10%) menjadi (72.9%), 5). Mengembangkan gagasan meningkat dari (10%) menjadi (78.4%), 6). Mengambil keputusan dari (20%) menjadi (83.8%).Hasil belajar siswa yang mendapatkan nilai ≥75 meningkat dari (64.9%) menjadi (83.8%). Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : berpikir kreatif, kontekstual, hasil belajar
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 13 Jul 2009 02:08
Last Modified: 16 Nov 2010 14:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3478

Actions (login required)

View Item View Item