Implementasi Direct Method Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Bahasa Arab Bagi Peserta Didik Kelas VII MTs PPMI Assalaam Sukoharjo Tahun Pelajaran 2014/2015

Lazuardi Baehaqi El-Haq, Wihdan Jefri and , Drs. Najmuddin Zuhdi, M.Ag and , Drs. Saifuddin Zuhri, M.Ag (2015) Implementasi Direct Method Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Bahasa Arab Bagi Peserta Didik Kelas VII MTs PPMI Assalaam Sukoharjo Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (802kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
03. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf

Download (101kB)
[img] PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] PDF (bab III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[img] PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Bab VI)
09. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
10. Daftar Pustaka.pdf

Download (180kB)
[img] PDF (Lampiran)
11. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
01. Surat Pernyataan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)

Abstract

Kemampuan berbahasa dalam kehidupan masyarakat terutama bahasa Arab sangatlah penting bagi pendidikan anak. Mata pelajaran bahasa Arab juga diajarkan di Madrasah Tsanawiyah PPMI Assalaam Sukoharjo. Dalam mata pelajaran tersebut siswa dituntut memiliki kemampuan berbahasa Arab yang meliputi membaca, menulis, menyimak dan berbicara. Maka penulis tertarik untuk meneliti dan mengkaji lebih dalam terhadap permasalahan tersebut dan dituangkan dalam bentuk skripsi yang berjudul: ‘’Implementasi Metode Langsung (Direct Method) dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Bahasa Arab bagi Peserta Didik Kelas VII MTs PPMI Assalaam Sukoharjo Tahun Pelajaran 2014/2015’’. Dalam penelitian ini masalah yang dikaji adalah bagaimana implementasi Metode Langsung (Direct Method) dalam meningkatkan kemampuan membaca teks bahasa Arab bagi peserta didik dan apa saja kelebihan dan kelemahan penggunaan metode Metode Langsung (Direct Method) dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas VII MTs PPMI Assalaam Sukoharjo. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi Metode Langsung (Direct Method) dalam meningkatkan kemampuan membaca teks bahasa Arab dan mengetahui apa saja kelebihan dan kelemahan penggunaan Metode Langsung (Direct Method). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil latar di MTs PPMI Assalaam Sukoharjo, metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil pengumpulan dan analisis data yang diperoleh, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa implementasi Metode Langsung (Direct Method) dapat meningkatkan kemampuan membaca teks bahasa Arab bagi peserta didik kelas VII MTs PPMI Assalaam tahun pelajaran 2014/2015, mereka sangat antusias dan merasa senang karena biasanya pembelajaran bahasa Arab monoton dengan metode ceramah. Secara tidak langsung siswa sudah melalui tahap dialog, membaca teks dan memahami arti teks yang telah diberikan oleh guru. Kata Kunci : Kemampuan Membaca, Metode Langsung (Direct Method).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca, Metode Langsung (Direct Method)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Wihdan Jefri Lazuardi B E
Date Deposited: 10 Jul 2015 07:57
Last Modified: 06 Oct 2021 13:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34668

Actions (login required)

View Item View Item