OPTIMALISASI BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas V SDN Gumpang II Kartasura Pada Pokok Bahasan Volume Kubus dan Balok)

Hidayati, Annis (2009) OPTIMALISASI BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas V SDN Gumpang II Kartasura Pada Pokok Bahasan Volume Kubus dan Balok). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410050080.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
A410050080.pdf

Download (40kB)
[img] Microsoft Word
A410050080.doc

Download (31kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi siswa dalam pemecahan soal matematika dan meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan barang bekas sebagai media pembelajaran matematika Subjek penelitian ini adalah guru kelas V SD Negeri Gumpang II Kartasura sebagai subjek pemberi tindakan, kepala sekolah sebagai subjek pembantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, serta siswa-siswa kelas V yang berjumlah 16 orang sebagai subjek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah metode tes, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan komunikasi hasil belajar matematika siswa. Hal ini dapat dilihat dari 1) keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru atau mengerjakan soal-soal latihan sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 25 % dan pada akhir pelaksanaan tindakan mencapai 93, 75 %, 2) mengemukakan ide pengerjaan sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 18, 75 % dan pada akhir pelaksanaan tindakan mencapai 87, 5 %, 3) ketepatan siswa dalam menyelesaikan permasalahan sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 31, 25 % dan pada akhir pelaksanaan tindakan mencapai 87, 5 %, 4) kemampuan dalam membuat kesimpulan baik secara mandiri maupun kelompok sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 31, 25 % dan pada akhir pelaksanaan tindakan mencapai 93, 75 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengoptimalan barang bekas sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan komunikasi belajar matematika siswa sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Komunikasi, Barang_Bekas, Media_Pembelajaran
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 06 Jul 2009 02:35
Last Modified: 16 Nov 2010 14:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3434

Actions (login required)

View Item View Item