UPAYA PENINGKATAN PARTISIPASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING (PTK di SMPN 3 Boyolali Kelas VIII F Semester II Pada Sub Pokok Bahasan Kubus Tahun Ajaran 2008/2009)

Septianingsih, Isnaini (2009) UPAYA PENINGKATAN PARTISIPASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING (PTK di SMPN 3 Boyolali Kelas VIII F Semester II Pada Sub Pokok Bahasan Kubus Tahun Ajaran 2008/2009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410050031.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF
A410050031.pdf

Download (164kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan partisipasi dan prestasi siswa dalam belajar matematika melalui pembelajaran probing-prompting. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII F SMP N 3 Boyolali tahun ajaran 2008/2009 yang berjumlah 43 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Pada penelitian tindakan kelas ini, analisa data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah pertama, pembelajaran matematika dengan model pembelajaran probing-prompting dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa di kelas secara berarti. Aktif mengerjakan soal-soal yang diberikan guru meningkat dari (20,9%) setelah dilakukan penelitian menjadi (62,7%), menjawab pertanyaan guru/ mengerjakan soal ke depan kelas meningkat dari (13,9%) setelah dilakukan penelitian menjadi (51,1%), memberikan tanggapan tentang jawaban siswa lain meningkat dari (6,9%) setelah dilakukan penelitian menjadi (30,2%), mengajukan ide/ tanggapan pada guru meningkat dari (11,6%) setelah dilakukan penelitian menjadi (41,8%), membuat kesimpulan materi baik secara mandiri atau kelompok meningkat dari (16,2%) setelah dilakukan penelitian menjadi (74,4%), aktif memanfaatkan sumber belajar yang ada disekitar meningkat dari (18,6%) setelah dilakukan penelitian menjadi(39,5%). Kedua, dapat meningkatkan prestasi belajar dari rata-rata kelas 72,44 setelah dilakukan penelitian menjadi 83,37. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran probing-prompting dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa yang berakibat pada peningkatan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi belajar siswa, model pembelajaran probing-prompting
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 04 Jul 2009 02:44
Last Modified: 02 Jan 2012 09:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3418

Actions (login required)

View Item View Item