EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) DAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATIONS (RME) TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL-SOAL MATEMATIKA PADA SISWA (Eksperimentasi Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP N 3

Agustina, Beta Dwi (2009) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) DAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATIONS (RME) TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL-SOAL MATEMATIKA PADA SISWA (Eksperimentasi Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP N 3. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410050020.pdf

Download (159kB)
[img] PDF
A410050020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (971kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan kemampuan menyelesaikan soal-soal matematika pada siswa ditinjau dari penggunaan metode pembelajaran (2) Apakah kemampuan menyelesaiakan soal-soal matematika pada siswa yang diberi perlakuan dengan strategi TTW lebih baik dari pada siswa yang diberi perlakuan dengan pendekatan RME. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Purwodadi tahun ajaran 2008/2009 yang terdiri dari 11 kelas. Sebagai sampel penelitian diambil dua kelas, yaitu kelas VIII C sebagai kelas eksperimen (TTW) sedang kelas D sebagai kelas kontrol (RME) yang masing-masing berjumlah 34 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random atau data secara berkelompok. Sedangkan metode pengumpulan datanya dengan menggunakan metode tes untuk memperoleh data kemampuan menyelesaikan soal-soal matematika pada siswa (Prestasi belajar) dan metode dokumentasi sebagai metode pendukung untuk memperoleh data tersebut. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah Uji t, yang sebelumnya telah dilakukan uji prasyarat analisis menggunakan Uji Normalitas dengan metode Lilliefors dan Uji Homogenitas dengan metode Bartleth, hasilnya data memang berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan sampel-sampelnya berasal dari populasi yang homogen. Berdasarkan hasil penelitian, dengan taraf signifikansi 5 % diperoleh : (1) tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan menyelesaiakan soal-soal matematika pada siswa baik menggunakan strategi TTW maupun dengan pendekatan RME, yang ditunjukkan nilai thitung = -0,201 (2) kedua model pembelajaran yang diterapkan sama baiknya, hal ini ditunjukkan oleh = 81, 6176 pada kelas eksperimen (TTW) dan = 82, 2941 pada kelas kontrol (RME).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : TTW, RME, kemampuan menyelesaiakan soal-soal matematika
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 04 Jul 2009 01:42
Last Modified: 16 Nov 2010 14:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3417

Actions (login required)

View Item View Item