PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PORTOFOLIO PADA POKOK BAHASAN PECAHAN (PTK KELAS VII SMP N 24 SURAKARTA)

YULIANA , DEVI DINA (2009) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PORTOFOLIO PADA POKOK BAHASAN PECAHAN (PTK KELAS VII SMP N 24 SURAKARTA). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410040206.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)
[img]
Preview
PDF
A410040206.pdf

Download (39kB)
[img] Microsoft Word
A410040206.doc

Download (30kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan pemahaman konsep matematika melalui kemampuan mengaplikasikan konsep kedalam pemecahan masalah, penggunaan rumus sesuai dengan soal, dan proses perhitungan. Subyek penelitian adalah guru matematika yang bertindak sebagai subjek yang memberi tindakan. Kepala sekolah SMP N 24 Surakarta sebagai subyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data, sedangkan siswa kelas VII E SMP N 24 Surakarta yang berjumlah 39 siswa, sebagai subyek penelitian yang menerima tindakan. Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, catatan lapangan, review, metode dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil tindakan kelas ini adalah terjadinya peningkatan peningkatan prosentase siswa melalui (a) kemampuan mengaplikasikan konsep kedalam pemecahan masalah mengalami peningkatan yaitu dari putaran I sebesar 10,25% (4 siswa) setelah putaran III menjadi 79,48% (31 siswa), (b) kemampuan penggunaan rumus sesuai dengan soal dari putaran I sebesar 25,64% (10 siswa) setelah putaran III menjadi 87,17% (34 siswa), kemampuan proses perhitungan mengalami peningkatan yaitu dari putaran I sebesar 30,76% (12 siswa) setelahP putaran III menjadi 92,30% (36 siswa).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pembelajaran, Portofolio, Pecahan
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 03 Jul 2009 07:49
Last Modified: 16 Nov 2010 14:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3399

Actions (login required)

View Item View Item