UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL TUGAS TERSTRUKTUR DAN KUIS ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII MTsN Cepogo Boyolali )

Atmojo, Era Prasetya Dwi (2009) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL TUGAS TERSTRUKTUR DAN KUIS ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII MTsN Cepogo Boyolali ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410040094.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (997kB)
[img]
Preview
PDF
A410040094.pdf

Download (42kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas berpikir kritis siswa melalui model tugas terstruktur dan kuis, yang dilihat dari kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal dengan langkah- langkah yang ditentukan yaitu : 1) memahami masalah, 2) menyusun rencana, 3) melaksanakan rencana, 4) memeriksa kembali. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII MTsN Cepogo Boyolali yang berjumlah 42 siswa, subyek pelaksanaan tindakan adalah guru MTs kelas VIII dan subyek yang membantu pelaksanaan adalah peneliti dan Kepala Sekolah. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan presentase dan model alur. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah terjadi peningkatan aktivitas berpikir kritis melalui model tugas terstruktur dan kuis, yang dilihat dari kemampuan siswa menyelesaikan soal dengan langkah – langkah yang ditentukan. Adapun peningkatan persentase kemampuan yang ada yaitu : (a) kemampuan siswa dalam memahami masalah sebelum penelitian 59, 32% meningkat mencapai 90, 47%, (b) kemampuan siswa menyusun rencana sebelum penelitian 35, 71% meningkat mencapai 78, 57%, (c) kemampuan siswa melaksanakan rencana sebelum penelitian 35, 71% meningkat mencapai 71, 42%, (d) kemampuan siswa memeriksa kembali sebelum penelitian 35, 71% meningkat mencapai 71, 42%. Jadi, melalui model tugas terstruktur dan kuis dapat meningkatkan aktivitas berpikir kritis.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, berpikir-kritis, aktifitas, memahami-masalah, tugas-terstruktur, kuis.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 02 Jul 2009 02:46
Last Modified: 02 May 2011 09:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3360

Actions (login required)

View Item View Item