Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Melalui Strategi Index Card Match Pada Tema Organ Tubuh Manusia Dan Hewan Siswa Kelas V SD Negeri 01 Gebyog Mojogedang Karanganyar Tahun Ajaran 2014/2015

Nurhayati, Catur Titi (2015) Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Melalui Strategi Index Card Match Pada Tema Organ Tubuh Manusia Dan Hewan Siswa Kelas V SD Negeri 01 Gebyog Mojogedang Karanganyar Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (225kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (219kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar melalui strategi Index Card Match pada tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan siswa kelas V SD Negeri 01 Gebyog. Penelitian ini yang menjadi subjek penerima tindakan siswa kelas V SD Negeri 01 Gebyog yang berjumlah 27 siswa, subjek pelaku tindakan adalah guru (peneliti). Obyek penelitian adalah motivasi dan hasil belajar dengan menggunakan strategi Index Card Match. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Uji validasi dengan cara triangulasi. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah analisis interaktif yang terdiri dari empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V. Pertama, dapat dilihat dari peningkatan indikator motivasi yang terdiri dari: 1) Tekun menghadapi tugas sebelum tindakan sebesar 33,33% dan meningkat pada siklus II sebesar 85,19%. 2) Ulet menghadapi kesulitan sebelum tindakan sebesar 25,96% dan meningkat pada siklus II sebesar 81,48%. 3) Selalu berusaha berprestasi sebaik mungkin sebelum tindakan sebesar 29,93% dan meningkat pada siklus II sebesar 85,19%. 4) Senang, rajin belajar dan penuh semangat sebelum tindakan sebesar 33,33% dan meningkat pada siklus II sebesar 88,89%. Kedua, dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa sebelum tindakan sebesar 22,22% dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 88,89%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi Index Card Match dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 01 Gebyog Mojogedang Karanganyar Tahun Ajaran 2014/2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Hasil Belajar, Strategi Index Card Match.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Jun 2015 04:17
Last Modified: 23 Jun 2015 04:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33556

Actions (login required)

View Item View Item