PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP LUAS PERMUKAAN BALOK DAN KUBUS MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF EFEKTIF MENYENANGKAN DAN INOVATIF (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMPN I Karangmalang)

TRISNAWATI , LINDA (2009) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP LUAS PERMUKAAN BALOK DAN KUBUS MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF EFEKTIF MENYENANGKAN DAN INOVATIF (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMPN I Karangmalang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040040.pdf

Download (95kB)
[img] PDF
A410040050.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (683kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui 1) Peningkatan pemahaman konsep matematika siswa pada pembelajaran luas permukaan balok dan kubus melalui pendekatan PAKEMI sehingga batas minimal 65%, 2) peningkatan hasil belajar (prestasi belajar) siswa pada pembelajaran matematika melalui pendekatan PAKEMI hingga batas minimal 65%. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII C SMP N I Karangmalang yang berjumlah 40 siswa, subyek pelaksana tindakan adalah peneliti dan subjek yang membantu pelaksanaan adalah guru matematika kelas VIII SMPN I Karangmalangdan kepaka sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, test, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah 1) adanya peningkatan pemahaman konsep matematika siswa dalam mengeksplorasikan konsep dari 15% hingga mencapai 74%, dalam mengaplikasikan konsep dari 20% hingga mencapai 84,62%, 2) peningkatan hasil belajar siswa dalam mengerjakan soal dari 23,68% hingga mencapai 69,23%. Dari data hasil penelitian disimpulkan bahwa melalui pembelajaran PAKEMI dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dan hasil belajar siswa pada pembelajaran luas permukaan balok dan kubus.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemahaman, PAKEMI, konsep, aplikasi, eksplorasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 01 Jul 2009 08:08
Last Modified: 16 Nov 2010 15:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3342

Actions (login required)

View Item View Item