PENINGKATKAN KERJASAMA DALAM PEMBELAJARAN SUB TEMA TUBUHKU MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 1 KEMADOHBATUR TAHUN PELAJARAN 2014/2015

PUTRA SETYA WATI, RAHAYU (2015) PENINGKATKAN KERJASAMA DALAM PEMBELAJARAN SUB TEMA TUBUHKU MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 1 KEMADOHBATUR TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (740kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (151kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (348kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama siswa dalam pembelajaran sub tema:tubuhku pada siswa kelas I SD Negeri 1 Kemadohbatur melalui model pembelajaran Jigsaw. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK). Subyek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas I SD Negeri 1 Kemadohbatur yang berjumlah 16 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki – laki, dan 7 siswa perempuan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kerjasama siswa. Peningkatan kerjasamaterlihat dalam 4 indikator yaituRasa bertanggungjawab kelompok meningkat dari pra siklus sebesar 48%, Siklus I sebesar 64%, dan Siklus II 80%. Semangat kelompok memecahkan masalah meningkat dari pra siklus sebesar 43%, Siklus I sebesar 64%, dan Siklus II sebesar 83%. Interaksi terhadap teman dalam kelompok meningkat dari pra siklus sebesar 46%, Siklus I sebesar 65%, dan Siklus II sebesar 80%. Menghargai pendapat teman kelompok meningkat dari pra siklus sebesar 45%, Siklus I sebesar 68%, dan Siklus II sebanyak sebesar 80%. Peningkatan kerjasama siswakeseluruhan dibuktikan juga dengan peningkatan kriteria kerjasama yang diperoleh data pada pra siklus sebesar 19% kerjasama siswa rendah, siklus I sebesar 56% kerjasama siswa cukup, pada siklus II sebesar 81% kerjasama siswa sangat tinggi. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan kerjasama siswa dalam pembelajaran sub tema: tubuhku pada kelas I SD Negeri 1 Kemadohbatur tahun pelajaran 2014/2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan, jigsaw, kerjasama,
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tri Mulyati
Date Deposited: 09 Jun 2015 08:55
Last Modified: 09 Jun 2015 08:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33228

Actions (login required)

View Item View Item