Studi Komparasi Penggunaan Alfa Zone Dengan Scene Setting Terhadap Motivasi Belajar Muatan IPA Siswa Kelas IV SDIT MTA Gemolong Sragen Tahun 2014/2015

APRIYANTO, APRIYANTO and , Drs. Muhroji, S. E., M. Si., M. Pd. (2015) Studi Komparasi Penggunaan Alfa Zone Dengan Scene Setting Terhadap Motivasi Belajar Muatan IPA Siswa Kelas IV SDIT MTA Gemolong Sragen Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
1 HALAMAN DEPAN.pdf

Download (747kB)
[img] PDF (Bab I)
2 BAB I.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Bab II)
3 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] PDF (Bab III)
4 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] PDF (Bab IV)
5 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (Bab V)
6 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Lampiran)
8 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
10 NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (553kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh antara Alfa Zone dengan Scene Setting terhadap motivasi belajar IPA pada siswa kelas IV SDIT MTA Gemolong Sragen Tahun 2014/2015, (2) pengaruh yang lebih besar antara penggunaan Alfa Zone dengan Scene Setting sebelum pembelajaran IPA terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDIT MTA Gemolong Sragen Tahun 2014/2015 . Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SDIT MTA Gemolong tahun 2014/2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik kuesioner (angket) dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t yang didahului dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas. Berdasarkan hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,961 > 1,998 dengan nilai rata-rata motivasi belajar IPA kelas IVA lebih besar dibandingkan kelas IVB, yaitu 90,06 > 85,50. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) ada perbedaan pengaruh antara Alfa Zone dengan Scene Setting terhadap motivasi belajar IPA pada siswa kelas IV SDIT MTA Gemolong Sragen Tahun 2014/2015, (2) apersepsi Alfa Zone lebih besar pengaruhnya dibandingkan dengan apersepsi Scene Setting dalam meningkatkan motivasi belajar IPA pada siswa kelas IV SDIT MTA Gemolong Sragen Tahun 2014/2015. Kata kunci: apersepsi alfa zone, apersepsi scene setting, motivasi belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: apersepsi alfa zone, apersepsi scene setting, motivasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 08 Jun 2015 11:41
Last Modified: 12 Oct 2021 05:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33217

Actions (login required)

View Item View Item