Peningkatan Kemampuan Menalar Dan Memecahkan Masalah Matematikadengan Model Inquiry Learning Berbasis Group Investigation Pada Siswakelas VII Semester 1 SMP Negeri 2 Grobogan Tahun 2014/2015

Rimbayanto, Alek (2015) Peningkatan Kemampuan Menalar Dan Memecahkan Masalah Matematikadengan Model Inquiry Learning Berbasis Group Investigation Pada Siswakelas VII Semester 1 SMP Negeri 2 Grobogan Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (168kB)
[img] PDF (Bab I)
2. BAB I.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Bab II)
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Bab III)
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (Bab IV)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Bab V)
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
7.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Lampiran)
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
10. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (96kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menalar dan memecahkan masalah matematika dengan model Inquiry Learning berbasis Group Investigation (GI). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru matematika kelas VII D SMP Negeri 2 Grobogan tahun 2014/ 2015. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode alur yang terdiri dari tiga alur yaitu proses analisis data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menalar dan memecahkan masalah matematika. Adanya peningkatan kemampuan menalar dapat dilihat dari: 1) menggambarkan masalah secara simbolis dengan memanipulasi simbol-simbol dari 31,25% meningkat menjadi 80,64%, 2) menarik kesimpulan dari permasalahan matematika dari 6,25% meningkat menjadi 58,06%. Adanya peningkatan kemampuan memecahkan masalah dapat dilihat dari 1) memahami masalah dari 31,25% meningkat menjadi 93,55%, 2) merencanakan cara penyelesaian masalah dari 15,625% meningkat menjadi 93,55%, 3) melaksanakan rencana penyelesaian masalah matematika dari 15,625% meningkat menjadi 80,64%, 4) meninjau kembali hasil penyelesaian masalah dari 9,325% meningkat menjadi 58,06%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model Inquiry Learning berbasis Group Investigation (GI) dapat meningkatkan kemampuan menalar dan memecahkan masalah matematika siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Grobogan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Menalar, Memecahkan Masalah, Inquiry Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 Jun 2015 04:43
Last Modified: 06 Jun 2015 04:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33212

Actions (login required)

View Item View Item