Pengaruh Sikap Keberagamaan Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMP N 1 Bancak

Mardhiyati, Dian and , Drs. Ariyanto, M.Pd (2015) Pengaruh Sikap Keberagamaan Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMP N 1 Bancak. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
03. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf

Download (169kB)
[img] PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)
[img] PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan menguji: (1) pengaruh sikap keberagamaan terhadap hasil belajar matematika siswa SMP N 1 Bancak kelas VII tahun ajaran 2014/2015, (2) pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa SMP N 1 Bancak kelas VII tahun ajaran 2014/2015, dan (3) pengaruh sikap keberagamaan dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa SMP N 1 Bancak kelas VII tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bancak, Semarang tahun ajaran 2014/2015 sebanyak sebanyak empat kelas A sampai D berjumlah 151 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A yang berjumlah 31 siswa, yang diambil stratified sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket untuk data sikap keberagamaan dan disiplin belajar. Metode dokumentasi untuk data hasil belajar matematika siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) Tidak ada pengaruh antara sikap keberagamaan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bancak, karena nilai signifikansi sebesar 0,085 (p > 0,05). (2) Ada pengaruh antara kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bancak, karena nilai signifikansi sebesar 0.042 (p < 0.05). (3) Ada pengaruh yang positif signifikan antara sikap keberagamaan dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bancak. Hal ini dapat diketahui dari nilai signifikan sebesar 0.025 (p < 0.05).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sikap Keberagamaan, Kedispilinan, dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Jun 2015 05:15
Last Modified: 09 Oct 2021 13:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33203

Actions (login required)

View Item View Item