Persepsi Guru Kelas Rendah Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013 di SD Negeri Se-Kelurahan Ngringo Kecamatan Jaten Karanganyar

Aprilyani, Fitri (2015) Persepsi Guru Kelas Rendah Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013 di SD Negeri Se-Kelurahan Ngringo Kecamatan Jaten Karanganyar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (739kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (163kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (321kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru kelas rendah terhadap pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 di SD Negeri se-Kelurahan Ngringo Kecamatan Jaten Karanganyar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.. Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Ngringo Kecamatan Jaten Karanganyar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dan dokumentasi.Teknik analisis data dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persespsi guru kelas rendah terhadap pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 adalah menarik dan menyenangkan. (2) persepsi guru kelas rendah menyebutkan salah satu administrasi pelaksanaan pembelajaran yang mendukung berhasil atau tidaknya pelaksanaan pembelajaran adalah RPP. Guru kelas rendah tidak mengalami kesulitan dalam membuat RPP. (3) guru kelas rendah menyatakan bahwa kegiatan evaluasi ada evaluasi harian, evaluasi tengah semester, dan evaluasi semester. (4) persepsi guru kelas rendah terhadap penilaian Kurikulum 2013 adalah rumit dan bertele-tele sehingga menyulitkan dan memberatkan guru. Bentuk penilaian Kurikulum 2013 adalah penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian ketrampilan. Teknik untuk melakukan penilaian adalah teknik tes dan non tes.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: persepsi, guru kelas rendah, pembelajaran, kurikulum 2013
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Setiawan Setiawan BL
Date Deposited: 01 Jun 2015 08:44
Last Modified: 01 Jun 2015 08:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33155

Actions (login required)

View Item View Item