Aspek Moral Dalam Novel Orang-Orang Proyek Karya Ahmad Tohari: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA

Sujatmiko, Alfian Khoirul (2015) Aspek Moral Dalam Novel Orang-Orang Proyek Karya Ahmad Tohari: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
03. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (653kB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)
[img] PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (511kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan latar sosio-historis pengarang Ahmad Tohari, struktur yang membangun novel Orang-orang Proyek karya Ahmad Tohari ditinjau dari sosiologi sastra, aspek moral yang terkandung dalam novel Orang-orang Proyek, dan implementasi aspek moral sebagai pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek yang diteliti adalah wacana dalam novel Orang-orang Proyek karya Ahmad Tohari. Sumber data penelitian ini adalah novel Orang-orang Proyek Karya Ahmad Tohari. Data penelitian ini adalah wacana yang menunjukkan latar sosio-historis pengarang, struktur yang membangun, dan aspek moral dalam novel Orang-orang Poyek karya Ahmad Tohari diterbitan PT Gramedia Pustaka Utama dengan tebal 220 halaman. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pustaka, simak dan catat. Teknik validasi data yang digunakan adalah teknik triangulasi teori. Teknik analisis data menggunakan metode dielektik. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) latar sosio-historis Ahmad Tohari, seorang sastwaran yang tergolong mengangkat tokoh orang kecil dan orang tertindas, (2) secara struktural alur dalam novel Orang-orang Proyek yaitu alur maju (Progresif). Tokoh dalam novel terdiri dari tokoh utama yaitu Kabul dan tokoh tambahan Insiyur Dalkijo, Pak Basar, Pak Tarya, Mak Sumeh, dan Wati. Latar waktu terjadi pada tahun 1991 sampai dengan tahun 1992. Latar sosial adalah kehidupan orang kecil yang menjadi korban dari perbuatan dan kekuasaan orang yang berkuasa. Latar tempat terjadi di sebuah proyek pembangunan jembatan sungai Cibawor terletak di Desa Cibawor, (3) aspek moral dalam nove Orang-orang Proyek terdapat empat aspek moral, (a) aspek moral kemanusiaan, (b) aspek moral pergaulan, (c) aspek moral keadilan, (d) aspek moral keagamaan, (4) Hasil penelitian ini juga dapat diimplementasikan ke dalam pembelajaran sastra di SMA khususnya kelas XI.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Novel Orang-orang Proyek, Aspek Moral, Sosiologi Sastra, Implementasi Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA.
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 May 2015 05:27
Last Modified: 28 May 2015 05:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33110

Actions (login required)

View Item View Item