Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Dan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Authentic Task (PTK pada Siswa Kelas VIII H Semester Genap SMP Negeri 3 Kartasura Tahun Ajaran 2014/2015)

Atika, Vivi Tia and , Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom (2015) Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Dan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Authentic Task (PTK pada Siswa Kelas VIII H Semester Genap SMP Negeri 3 Kartasura Tahun Ajaran 2014/2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (575kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (679kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika dan kemampuan kritis siswa kelas VIII SMP N 3 Kartasura dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan authentic task. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah peneliti sebagai subyek pemberi tindakan, guru dan kepala sekolah sebagai subyek pembantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, serta siswa kelas VIII H yang berjumlah 34 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi tes, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode alur, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Data hasil penelitian menunjukkan peningkatan pemahaman konsep matematika. Materi dari penelitian ini ialah lingkaran. Adanya peningkatan pemahaman konsep matematika dapat dilihat dari 1) kemampuan siswa dalam memberikan contoh dari konsep dengan kondisi awal (20,59%) meningkat menjadi (61,76%), 2) kemampuan siswa dalam menyatakan ulang suatu konsep dengan bahasa siswa sendiri dari kondisi awal (14,71%) meningkat menjadi (64,71%), 3) kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah sesuai dengan konsep dari kondisi awal (17,65%) meningkat menjadi (67,65%). Sedangkan kemampuan berpikir krtiis dapat dilihat dari 1) kemampuan menjawab pertanyaan dan bertanya dengan benar dari kondisi awal (17,65%) meningkat menjadi (55,88%), 2) kemampuan membuat kesimpulan dari materi ajar yang disampaikan guru dari kondisi awal (11,76%) meningkat menjadi (50%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan authentic task dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika dan kemampuan berpikir kritis

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: authentic task, pemahaman konsep, berpikir kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 27 May 2015 08:48
Last Modified: 09 Oct 2021 04:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33103

Actions (login required)

View Item View Item