Peningkatan Minat Belajar Melalui Media Lagu Pada Mata Pelajaran Ipa Siswa Kelas IV SD N Wironanggan 01 Tahun 2014/2015

Cahyani, Ari Ratna (2015) Peningkatan Minat Belajar Melalui Media Lagu Pada Mata Pelajaran Ipa Siswa Kelas IV SD N Wironanggan 01 Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (781kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi new.pdf

Download (284kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan minat belajar melalui media lagu materi pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD N Wironanggan 01 tahun 2014/2015, (2) menerapkan media lagu materi dari siklus ke siklus dalam upaya meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD N Wironanggan 01 tahun 2014/2015. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yaitu merupakan suatu jenis penelitian yang dilakukan oleh guru untuk memecahkan masalah pembelajaran dikelasnya. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N Wironanggan 01 Tahun 2014/2015, Desa Gatak, kabupaten Sukoharjo yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui observasi, dokumentasi, dan tes.Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada setiap indikator minat belajar pada mata pelajaran IPA. Dibuktikan dengan peningkatan indikator minat belajar yaitu partisipasi aktif dalam pembelajaran prosentase pada prasiklus 33,7%, dan siklus II menjadi 80,4%. Memusatkan perhatian pada pembelajaran dari prosentase prasiklus 37% dan siklus II menjadi 90,2%. Antusias dalam mengikuti pembelajaran dari prosentase prasiklus 33,7% dan siklus II menjadi 96,8%. Pada setiap siklus telah diterapkan media lagu dengan berbagai lagu yang berbeda sesuai dengan materi pembelajaran yang akan disampaikan oleh guru. Sehingga hal tersebut dapat meningkatan minat belajar pada setiap siklusnya. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan media lagu dari siklus ke siklus dapat meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD N Wironanggan 01 tahun 2014/2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat belajar, lagu
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 May 2015 04:32
Last Modified: 04 May 2015 04:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32915

Actions (login required)

View Item View Item