Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Penanaman Karakter Siswa Pada Pembelajaran Matematika (Studi Kasus di SMP Al-Irsyad Surakarta tahun 2013/2014)

Setyowati, Elly and , Rita P. Khotimah, S.Si., M.Sc. (2015) Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Penanaman Karakter Siswa Pada Pembelajaran Matematika (Studi Kasus di SMP Al-Irsyad Surakarta tahun 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
03. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (620kB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf

Download (412kB)
[img] PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
[img] PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)
[img] PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (959kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan mendeskripsikan penerapan kurikulum 2013 dalam penanaman karakter siswa pada pembelajaran matematika di SMP Al-Irsyad Surakarta. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data ini ditentukan melalui teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan strategi pelaksanaan kurikulum 2013 dalam penanaman karakter siswa pada pembelajaran matematika adalah dengan menerapkan visi dan misi sekolah yaitu bersih hati, cerdas pikiran, survive dalam kehidupan, juga membentuk shakhsiyah islamiyah, dan menggunakan model-model pembelajaran yang sesuai dengan pendekatan kurikulum 2013, yaitu scientific approac. Bersih hati artinya bagaimana anak-anak memiliki akhlaq pribadi yang baik. Cerdas pikiran artinya bagaimana kemampuan menawar siswa dan prestasi yang tinggi. Survive dalam kehidupan adalah bagaimana siswa bisa menempatkan diri ketika ada masalah. Shakhsiyah islamiyah adalah kepribadian manusia yang terbentuk dari aqliyah (pola pikir) dan nafsiyah (pola sikap). Adapun karakter yang ditanamkan di sekolah ini adalah disiplin, kerjasama, rasa tanggung jawab, ulet, sopan santun, hormat terhadap guru dan tamu,religiusitas, juga kemampuan berkomunikasi. Sedangkan kendala-kendala yang dihadapi oleh guru, siswa, dan sekolah dalam implementasi kurikulum 2013 dalam penanaman karakter siswa adalah pola mengajar guru yang belum stabil, administrasi penilaian yang rumit, pola belajar siswa yang belum menyesuaikan dengan kurikulum baru, sarana prasarana, dan waktu. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa menggunakan visi misi sekolah dan model pembelajaran dapat membantu menanamkan karakter siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: karakter; kurikulum 2013
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Apr 2015 07:28
Last Modified: 09 Oct 2021 02:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32812

Actions (login required)

View Item View Item