Sulisto, Sulisto and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2015) Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Think-Pair-Share (PTK Pada Siswa Kelas VIID SMP Negeri 22 Surakarta Semester Genap Tahun 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (758kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (101kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (339kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (546kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (164kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (333kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika melalui metode pembelajaran Think-Pair-Share siswa kelas VIID SMP Negeri 22 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VIID berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Triangulasi sumber yaitu pengambilan data dari berbagai sumber, sedangkan triangulasi tehnik yaitu pengumpulan data yang berbeda-beda untuk mendapatkan data dari sumber yang sama. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan indikator berikut: 1) antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran dari sebelum tindakan (28,13%) menjadi (56,25%) setelah tindakan, 2) keaktifan siswa dalam bertanya kepada guru dalam kegiatan belajar mengajar dari sebelum tindakan (12,5%) menjadi (46,875%) setelah tindakan, 3) keberanian siswa menjawab pertanyaan dari guru atau siswa lain dari sebelum tindakan (15,635%) menjadi (43,75%) setelah tindakan, 4) keberanian siswa mengerjakan soal di depan kelas dari sebelum tindakan (9,38%) menjadi (37,5) setelah tindakan, 5) ketuntasan nilai siswa dilihat dari KKM (≥70) dari sebelum tindakan (21,875%) menjadi (50%) setelah tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah metode pembelajaran Think-Pair- Share dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa kelas VIID SMP Negeri 22 Surakarta semester genap tahun 2013/2014
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, keaktifan, Think-Pair-Share |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 18 Apr 2015 04:09 |
Last Modified: | 09 Oct 2021 02:34 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32784 |
Actions (login required)
View Item |