Pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SD 1 Payaman Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015

Maya Kharisma, Erlina and , Drs. Achmad Fathoni, M.Pd (2015) Pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SD 1 Payaman Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (627kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (147kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (500kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap prestasi belajar matematika siswa dan berapa besar pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap prestasi belajar matematika siswa SD 1 Payaman Mejobo Kudus tahun pelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini berjumlah 202 siswa dengan sampel kelas IV, V, dan VI sebanyak 111. Dari sampel kelas tinggi tersebut diambil 30 siswa kelas VI sebagai sampel uji coba dan 30 siswa kelas IV-V sebagai sampel penelitian. Pengambilan sampel dilakukan secara acak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dengan variabel independen bimbingan belajar orang tua dan variabel dependen prestasi belajar matematika siswa. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner atau angket, dan dokumentasi. Penilaian angket menggunakan skala likert. Untuk menguji validitas butir pertanyaan, menggunakan rumus product moment angka kasar sedangkan untuk menguji reliabilitas menggunakan rumus cronbach’s alpha. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linear sederhana. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi Y= 4,557 + 1,443 X. Hasil analisis uji t dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh nilai thitung (14,976) > ttabel (2,048). Karena thitung berada di daerah penolakan H0 maka ada pengaruh yang signifikan antara bimbingan belajar orang tua terhadap prestasi belajar matematika. Untuk hasil uji koefisien determinasi diperoleh hasil R2sebesar 0,889, yang berarti bimbingan belajar orang tua mempengaruhi prestasi belajar matematika 88,9 %. Sisanya, 11,1%, prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut dalam penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bimbingan, belajar, orang tua, prestasi, matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Setiawan Setiawan BL
Date Deposited: 13 Apr 2015 07:34
Last Modified: 11 Oct 2021 23:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32702

Actions (login required)

View Item View Item