Hubungan Pengetahuan Gizi, Kebiasaan Konsumsi Fast Food Dan Aktivitas Fisik Dengan Kejadian Overweight Pada Siswa SMP Al Islam 1 Surakarta

Sari, Dita Anggar and , Ir. Listyani Hidayati, M.Kes and , Rusdin Rauf, S.TP., M.P (2014) Hubungan Pengetahuan Gizi, Kebiasaan Konsumsi Fast Food Dan Aktivitas Fisik Dengan Kejadian Overweight Pada Siswa SMP Al Islam 1 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
03. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf

Download (106kB)
[img] PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img] PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (734kB)

Abstract

Pendahuluan : Berdasarkan hasil survey pendahuluan di SMP Al Islam 1 Surakarta didapatkan hasil bahwa sebanyak 21,2% responden mempunyai status gizi lebih. Selain disebabkan oleh konsumsi fast food yang sering, kejadian overweight dapat juga disebabkan oleh aktivitas fisik yang kurang dan pengetahuan gizi yang rendah. Tujuan : Mengetahui hubungan pengetahuan gizi, kebiasaan konsumsi fast food dan aktivitas fisik dengan kejadian overweight pada siswa di SMP Al Islam 1 Surakarta. Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah observasional dengan pendekatan cross sectional. Jumlah subjek penelitian sebanyak 44 dipilih dengan metode proporsional stratified random sampling. Data pengetahuan gizi dan kebiasaan konsumsi fast food dikumpulkan melalui kuesioner, sedangkan data aktivitas fisik diperoleh melalui wawancara menggunakan formulir recall 3x24 jam. Analisis data dengan korelasi pearson product moment. Hasil : Hasil analisis univariat menunjukkan pada kelompok status gizi normal 86,4% memiliki pengetahuan gizi baik, 68,2% jarang mengkonsumsi fast food dan 81,8% memiliki aktivitas fisik ringan, pada kelompok overweight 81,8% memiliki pengetahuan gizi baik, 86,4% sering mengkonsumsi fast food dan 100% memiliki aktivitas fisik ringan. Hasil uji hubungan diketahui pengetahuan gizi (p=0,465), kebiasaan konsumsi fast food (p=0,000) dan aktivitas fisik (p=0,003). Kesimpulan : Tidak ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan gizi dengan kejadian overweight dan ada hubungan yang signifikan antara kebiasaan konsumsi fast food dan aktivitas fisik dengan kejadian overweight.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan gizi, Kebiasaan konsumsi fast food, Aktivitas fisik, kejadian overweight
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RN Nutrition
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Musyarofah Siti
Date Deposited: 27 Feb 2015 08:49
Last Modified: 09 Sep 2022 03:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32139

Actions (login required)

View Item View Item