Karakteristik Budaya Organisasi Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Karyawan (Studi Kasus PT. Batik Danar Hadi Surakarta)

Wibowo, Arif and -, Lukman Hakim S.E., M.Si. (2014) Karakteristik Budaya Organisasi Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Karyawan (Studi Kasus PT. Batik Danar Hadi Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (208kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (285kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik budaya organisasi pada PT. Batik Danar Hadi Surakarta sebagai upaya meningkatkan kinerja perusahaan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, peneliti menggunakan teknik pengambilan sampel dengan jenis Non Probabilitas yakni Pusposive Sampling (sampel bertujuan). Adapun sampel dalam penelitian ini diambil beberapa jenis informan sebagai sampel dalam pengambilan data yang dilakukan yaitu (1) Pemimpin cabang, (2) Karyawan bagian produksi, (3) Karyawan bagian pemasaran, (4) Karyawan bagian keamanan. Berdasarkan hasil persepsi karyawan terhadap budaya organisasi dilihat dari persepsi karyawan terhadap kepemimpinan, persepsi karyawan terhadap norma dan praktek manajemen, persepsi karyawan terhadap cerita dan tokoh, persepsi karyawan terhadap tradisi dan ritual, persepsi karyawan terhadap simbol dan tentang karakteristik budaya organisasi yaitu adanya sifat kreatif (creative) dari para karyawan dalam menjalankan pekerjaan, yaitu sejauh mana karyawan bekerja dengan sikap penuh ide, gagasan, kreasi dan selalu berusaha pencipta kreasi baru dalam bidang pengembangan produk, adanya nilai agresivitas (agresivity) dalam bekerja, yaitu sejauh mana orang bersikap agresif dan kompetitif daripada bersikap santai dalam melakanakan tugas kerja, adanya nilai keahlian (expert full) dalam melakanakan tugas kerja, terdapat sifat perhatian kemanusiaan pada karyawan (Humanity oriented), adanya sifat keberanian dalam menanggung resiko (risk taking), yaitu para karyawan terutama pimpinan dalam mengambil keputusan berani menanggung resiko termasuk resiko kerugian, adanya sifat kerjasama tim (teamwork system) dan adanya nilai keharmonisan kerja (harmonity) dalam melakanakan tugas kerja.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karakteristik Budaya Organisasi dan Kinerja
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Feb 2015 06:41
Last Modified: 19 Oct 2021 11:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31973

Actions (login required)

View Item View Item