Pengaruh Penerapan Sistem Administrasi Perpajakan Modern Dan Sensus Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Survey Terhadap Kantor Pelayanan Pajak Pratama Boyolali)

Oktaviani, Ayu and , Drs. Mujiyati, M.Si (2014) Pengaruh Penerapan Sistem Administrasi Perpajakan Modern Dan Sensus Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Survey Terhadap Kantor Pelayanan Pajak Pratama Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. NASKAH PUBLIKASI .pdf

Download (613kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
03. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf

Download (209kB)
[img] PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pajak sangat penting bagi pembangunan nasional Indonesia karena pajak memberikan kontribusi yang sangat besar untuk penerimaan kas Negara. Menurut Prof. Rochmat Soemitro, SH (dalam Mardiasmo, 2009) Pajak adalah iuran rakyat kepada kas Negara berdasarkan Undang-Undang (yang dapat dipaksakan) dengan tiada mendapat timbal balik (konstraprestasi) yang langsung dapat di tunjukan dan yang digunakan untuk membayar pengeluaran umum. Tujuan penelitian ini adalah: (a) Menganalisis pengaruh penerapan sistem administrasi perpajakan modern terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi (Survey Terhadap Kantor Pelayanan Pajak Pratama Boyolali); (b) Menganalisis pengaruh sensus pajak terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi (Survey Terhadap Kantor Pelayanan Pajak Pratama Boyolali). Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan metode penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Boyolali. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan metode Purposive sampling sejumlah 100 responden. Maka kriteria dalam memilih sampel dalam penelitian ini adalah Wajib Pajak Orang Pribadi yang terdapat di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Boyolali, Wajib Pajak Orang Pribadi yang telah mendapatkan sosialiasi tentang kebijakan Sensus Pajak Nasional dan didata oleh petugas sensus pajak yang ditandai dengan kepemilikan stiker Sensus Pajak Nasional dan Memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan regresi linier berganda menggunakan SPSS Versi 15 untuk menguji hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung > ttabel (5,177 > 1,985) dan nilai probabilitas < 0,05 (taraf signifikansi 5%), maka untuk variabel penerapan sistem administrasi perpajakan modern hipotesis H0 ditolak artinya bahwa penerapan sistem administrasi perpajakan modern berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi (Survey Terhadap Kantor Pelayanan Pajak Pratama Boyolali). Hasil tersebut sesuai dengan hipotesis pertama (H1) yang telah diajukan. Nilai thitung > ttabel (3,080 > 1,985) dan nilai probabilitas < 0,05 (taraf signifikansi 5%), maka untuk variabel sensus pajak hipotesis H0 ditolak artinya bahwa sensus pajak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi (Survey Terhadap Kantor Pelayanan Pajak Pratama Boyolali). Hasil tersebut sesuai dengan hipotesis kedua (H2) yang telah diajukan. Untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak orang pribadi maka semua pihak yang ada dalam instansi perlu menyadari pentingnya penerapan sistem administrasi perpajakan modern tersebut. Selain itu bagi peneliti selanjutnya agar dapat meneliti faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi kepatuhan wajib pajak orang pribadi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: perpajakan modern, sensus pajak, wajib pajak orang pribadi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 4404 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2015 04:53
Last Modified: 16 Oct 2021 13:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31909

Actions (login required)

View Item View Item