Ismawati, Siti and , Dr.Suyatmini, M.Si. (2014) Pengaruh Komunikasi Guru Dengan Siswa Dan Latar Belakang Pendidikan Orang Tua Terhadap Minat Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS di Madarasah Aliyah Islamiyah Balen Bojonegoro Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (791kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (307kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (306kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (518kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (674kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (295kB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (780kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh komunikasi guru dengan siswa terhadap minat belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS di Madrasah Aliyah Islamiyah Balen Bojonegoro tahun ajaran 2014/2015; 2) pengaruh latar belakang pendidikan orang tua siswa terhadap minat belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS di Madrasah Aliyah Islamiyah Balen Bojonegoro tahun ajaran 2014/2015; dan 3) pengaruh komunikasi guru dengan siswa dan latar belakang pendidikan orang tua terhadap minat belajar siswa kelas XI IPS di Madrasah Aliyah Islamiyah Balen Bojonegoro tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, penelitian ini mengambil lokasi penelitian di Madrasah Aliyah Islamiyah Balen Bojonegoro. Populasi dalam penelitian ini adalah 140 siswa kelas XI IPS di Madrasah Aliyah Islamiyah Balen Bojonegoro tahun ajaran 2014/2015. Sampel diambil sebanyak 100 siswa, dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear berganda, uji t dan uji F, selain itu dilakukan pula perhitungan koefisien determinasi, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi: Y= 15,061 + 0,624X1 +0,365X2. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah: 1) Komunikasi guru dengan siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS di Madrasah Aliyah Islamiyah Balen Bojonegoro. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis uji t yang menunjukkan bahwa thitung > ttabel, yaitu 6,927 > 1,985 dan nilai signifikansi < 0,05, dengan sumbangan efektif sebesar 31,4%; 2) Latar belakang pendidikan orang tua siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS di Madrasah Aliyah Islamiyah Balen Bojonegoro. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis uji t yang menunjukkan bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,736 > 1,985 dan nilai signifikansi < 0,05, dengan sumbangan efektif yang diberikan sebesar 5%; dan 3) Komunikasi guru dengan siswa dan latar belakang pendidikan orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar siswa kelas XI IPS di Madrasah Aliyah Islamiyah Balen Bojonegoro. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis uji F yang memperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 27,793 > 3,090 dan nilai signifikansi < 0,05. Hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 0,364, sedangkan untuk jumlah prosentase pengaruh yang diberikan dari penelitian ini adalah sebesar 36,4%, sedangkan 63,6% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak tercakup dalam penelitian ini.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Guru Dengan Siswa, Latar Belakang Pendidikan Orang Tua dan Minat Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 20 Jan 2015 12:35 |
Last Modified: | 13 Oct 2021 14:43 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31646 |
Actions (login required)
View Item |