Penanaman Karakter Gemar Membaca Studi Kasus Pengelolaan Perpustakaan Anak Jalanan di Kantor Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Sukoharjo

Ulfiah, Nur Nadhif (2014) Penanaman Karakter Gemar Membaca Studi Kasus Pengelolaan Perpustakaan Anak Jalanan di Kantor Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depam)
COVER-ABSTRAK.pdf

Download (342kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (122kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mendiskripsikan bentuk penanaman karakter gemar membaca pada perpustakaan anak jalanan di Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Sukoharjo, Mendiskripsikan kendala penanaman karakter gemar membaca pada perpustakaan anak jalanan di Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Sukoharjo, dan Mendeskripsikan solusi untuk kendala yang dihadapi dalam penanaman karakter gemar membaca pada perpustakaan anak jalanan di Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Sukoharjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan mengkaji dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data. Analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk penanaman karakter gemar membaca yaitu 1) Membiasakan untuk membaca, 2) Harus memiliki tujuan untuk membaca buku, 3) Mengeluangkan waktu, 4) Memberi label setiap buku, 5) Mengadakan sosialisasi dalam lingkungan sekolahan dan masyarakat, 6) Menuangkan isi bacaan dalam bentuk tulisan atau karya ilmiah. Kendala Penanaman Karakter Gemar Membaca pada Perpustakaaan Anak Jalanan yaitu 1) Kurangnya koleksi buku di perpustakaan, 2) Kurang adanya niat, 3) Kurang adanya motivasi dari faktor intern dan ekstern, 4) Masih ada buku yang belum diberi lebel dan tidak dikelompokkan setiap buku, 5) Kurang mengerti dan kurang kreatif dalam menuangkan isi dari bacaan yang dibaca, 6) Tidak adanya kertas kecil untuk mencatan. Solusi untuk Kendala Penanaman Karakter Gemar Membaca pada Perpustakaan Anak Jalanan yaitu 1) Diadakan penggalangan buku melalui media sosial, 2) Mengadakan penggalangan buku untuk semua jenis, 3) Memberikan sosialisasi terhadap masyarakat dan anak sekolah, 4) Memberikan label pada setiap buku dan mengelompokkan setiap buku, 5) Memberikan tampilan keadaan perpustakaan yang menarik dan kreatif, 6) Menyediakan kertas kecil untuk pengunjung bisa mencatat isi bacaan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: karakter, gemar membaca
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Jan 2015 09:18
Last Modified: 19 Jan 2015 11:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31629

Actions (login required)

View Item View Item